9 Summer 10 Autumn: The Movie #9S10ASharingBGR

Trailer 9 Summer 10 Autumn itu BLARRRRR… *ngumpet sambil nyari tissue*

Itu kalimat yang gue twit sehabis nonton Trailer film 9 Summer 10 Autumn The Movie, yang diadakan pihak pembuat film. Acara sharing yang diadakan di Mangiare Cafe, Jalan Pakuan No. 21 Bogor ini dalam rangka sharing bareng bersama Keluarga Apel Bogor yang terbentuk pada saat acara ini berlangsung juga. Mas Iwan Setyawan dateng, Mas Edwin Nazir selaku producer dateng juga, dan kita sharing bareng mengenai trailer film, pengalaman hidup yang berkaitan dengan novel 9S10A, pengalaman lainnya yang menurut gue inspiratif parah! Dari cerita two amazing kiddo bernama Christian Adhy dan Aldyan Bopa, anak SMA kelas 1 yang udah bikin novel dan satu lagi bikin lagu, cerita blogger yang sukses yaitu dari Kang Harris, sampai pengalaman ibu muda yang terinspirasi dari novel 9S10A ini. Semuanya touching and freakin’ awesome! Gue cuma bisa bilang, ini acara keren mampus! Bentar, bentar, WTF trailer 9S10A? Iya, trailernya. Tapi belum ada di YouTube, baru muncul di acara Sharing 9S10 The Movie di Bogor #9S10ASharingBGR dan Malang ;) Kalau mau liat trailernya, monggo dateng di #9S10ASharingJKT di Kemang besok…

BBiU6D-CYAAbZIx.jpg_large

Mas Iwan Setyawan dengan gaya santai parah hahaha (difoto oleh Mas Edwin)

***

Sebuah email yang dateng dari Kang Harris di milis Blogor membuat gue bisa hadir di acara ini. Dengan syarat livetweet dan review di blog (yang kalian baca saat ini huehehe). Gue yang pernah ketemu Mas Iwan di acara GWW setahun silam, waktu itu dalam rangka acara “Mengapa Saya Menjadi Mahasiswa IPB” (http://anggavantyo.wordpress.com/2011/09/24/mengapa-saya-menjadi-mahasiswa-ipb/). Disitu, pertama kali gue tahu ada alumni IPB yang f*cking inspiring dan jadi seorang penulis. Oh, man. Cita-cita gue banget jadi penulis hahaha.. Disitu gue mulai tau kalau Mas Iwan bikin novel 9 Summer 10 Autumn ini. Setelah acara di GWW itu, suasana lorong di asrama jadi “tercerahkan” akibat ‘motivation effect’ yang disebabkan oleh buku 9S10A! 1 buku untuk 1 lorong. Gue orang nomer 3 yang nunggu buku itu hahaha… Semuanya bermimpi seperti apa yang Mas Iwan lakuin: KERJA DI LUAR NEGERI. Matek! Gue bilang ke temen-temen gue, “Pokoknya kalau ketemu Mas Iwan gue mau foto bareng ga mau tau!” Temen gue cuma bisa senyam-senyum karena hal ini bisa aja, cuma sulit untuk ketemu Mas Iwan. Ketemu aja susah, apalagi foto? If there’s a will there’s a way. Itu slogan kampanye seseorang pas mau jadi presiden hahaha but nice words, karena gue hari ini bisa foto bareng mas Iwan Setyawan! F*ck yeah!! Hahaha

CameraZOOM-20130126141757509

Mas Iwan dan Si Anak Rektor! Kelak si Anak Rektor ini akan melanjutkan S2 di Universitas kota-dalam-jersey-sepak-bolanya :)

***

CameraZOOM-20130126145726381

Oke, gue bakal menceritakan apa aja yang terjadi di acara sharing ini. Mas Iwan cerita banyak mengenai buku pertama yang dibuatnya ini. Mas Iwan mulai nulis saat dia memutuskan untuk balik ke Indonesia setelah 9 Summer 10 Autumn di New York bro! Mas Iwan mulai nulis tentang kehidupannya katanya karena di rumahnya tidak ada album foto keluarga, “sialan” ceunah mah huahaha… β€œSaya menulis untuk para keponakan saya, biar mereka kena gamparan setelah baca buku ini. Oke orang lain boleh punya album keluarga tapi saya bisa berkata hei saya punya buku yang menceritakan keluarga saya.” Matek!

“F*ck buat orang yang bilang nulis itu susah. Saya bukan penulis, maka pertama kali saya menulis dan saya baca, rasanya saya ingin muntah. Tulisan saya lebay sekali. Tapi saya mencoba dan mencoba lagi. Menulis itu bukan masalah kemampuan tapi kemauan. Kita semua bisa menulis, hanya perlu meluangkan waktu. Orhan Pamuk seorang pemenang nobel sastra menulis 8 jam setiap hari!”

I love this man, wait I mean, I love the F word that he used sometimes in sentences! Hahaha

Tapi banyak juga kata-kata inspirasi yang keluar dari mulut ka Iwan, misalnya

“Money is important, tapi bukan segala-galanya. Menurut saya akan kembali ke keluarga, melihat ke anak harta yang sangat berharga. Rumah sesuatu yang luar biasa sekali. Rumah kita kecil, tapi ibu saya bisa membuat kehangatan.”

“Banyak orang kehilangan fokus, banyak yang pengen dilakukan, dunia menawarkan semuanya. Coba, boleh dilakukan semuanya tapi cari satu yang bisa fokus, yang bisa jadi gede, yang dikenang sepanjang masa. Menurut saya hidup itu sia-sia kalau nggak berkarya, make something that you can remember for the rest of your life. Bikin rencana dalam hidup, bukan gara-gara pengen ditulis dalam buku sejarah, tapi pengen bikin sejarah. I want to create history in my life.” <— BLARRRR!

“Cita-cita ibu saya itu sederhana, sesederhana ingin anaknya ngga hidup susah.”

“Jangan takut hidup susah, perjuangan dulu sampai berdarah-darah, supaya manisnya hidup terasa. Coba dulu, jangan takut.”

“Semua ingin hidup lengkap, banyak uang. Tapi hidup tidak bisa seperti itu pasti ada satu yang kurang, dua, tiga but life must go on!”

***

IMAG0288

Acara Sharing and Empowering keluarga Apel Bogor…

***

Oh iya, di film ini juga ada setting IPB-nya juga. Ini yang bikin gue merinding, terutama adegan saat Ikhsan Tarore yang berperan sebagai Mas Iwan pakai toga di IPB dan lulus sebagai lulusan terbaik MIPA. Asli ya gue merinding hahaha… Makanya, film ini bisa berarti banget buat gue dan nambah bikin semangat kuliah, menembus batas ketakutan seperti yang Mas Iwan bilang. Biarpun IPK gue ga secemerlang gelas yang abis dicuci pakai sabun colek, but I want make outstanding thing in my life with my own way hahaha… Masih ada 2,5 tahun lagi buat gue bikin sesuatu yang bakal gue kenang sepanjang hidup gue. Make history in my life, bukan pengen dicatat di buku sejarah :)

Mas Iwan memang mengajari saya untuk hidup lebih baik. Mas Iwan juga yang bikin Ibu saya nangis diulang tahunnya yang ke 52 tahun kemarin. Sialan emang ka Iwan, dengan buku “Ibuk,” mama nangis bacanya. Iya, gue jadiin kado buku itu diulang tahunnya. Yang bikin gue terharu adalah saat Mas Iwan bilang, “Sungkem buat bunda tercinta.” Daaaaaamn, give up. I’m crying.

IMAG0276

***

Sip, posting ini beres dibuat. Ada tantangan dari Mas Iwan dalam “One Month Challenge” yang dibuat dengan kita sendiri. Gue ditantang untuk melakukan sesuatu yang gila dalam sebulan ini. Sesuatu yang bisa bikin gue bilang, “Gila, bisa juga gue ngelakuin ini.” Hahaha gue akan mencoba ngepost 2 kali posting dalam 1 hari selama 30 hari. Jadi bakal ada 60 posting dalam sebulan kedepan. Siplah, semoga bisa terlaksana dengan baik! Hahaha

Ga sabar nunggu premier film 9S10A The Movie April 2013 nanti. Thanks buat crew, producer, dan semuanya yang udah ngadain #9S10ASharingBGR hari ini. Thanks juga buat Keluarga Apel Bogor. Kalian sangat menginspirasi sekali, salam apel!

6 thoughts on “9 Summer 10 Autumn: The Movie #9S10ASharingBGR

  1. wih aq juga dapet buku dari mz iwan th 2011 plus tanda tanganx ” Berlayar terus Berlayar” Nice posting ya Salam juga dari Apel Batu.. :)

Leave a Reply

