Melamin?

Oh, hari ini mulai ada lagi kasus baru tentang MELAMUN, eh Melamin. Inilah Indonesia, ada kasus, langsung heboh. Eh begitu kasusnya rada ilang, dilupain gitu aja. Hehehe.. Indonesia!

Jadi sebenernya melamin itu apa sih?

Waw, pertanyaan menantang! Sebenernya gue gak tau-tau amat tentang melamin. Cuma yang gue dapet dari guru gue melamin itu sebenernya bahan buat SINTETIS PLASTIK. Waw, jadi selama ini kita makan oreo sama plastik dong? Nggak selamanya bener!

Jadi melamin itu mempunyai rumus kimia C3H6N6.

Kebetulan gue disekolah lagi belajar Kimia Organik dan nanya aja langsung ke guru. Eh sang guru malah ngelempar pertanyaan quiz buat gue, ‘Nama trivialnya ‘kan melamin, nah kalau nama IUPAC-nya apa?’ ‘Wew.. 1,3,5-Triazin-2,4,6-triamin.’ Hehe.. Untung jawabannya bener :)

Rumus bangun melamin

Jadi sebenernya melamin disini hanya berperan sebagai pembanyak unsur Nitrogen. Liat aja di rumus kimianya, C3H6N6, ternyata cara licik yang dipakai adalah MANIPULASI UNSUR NITROGEN! Nah emang apa hubungannya dengan unsur N dan bahaya melamin? Gini nih pembahasannya :

Untuk ngehitung kadar protein yang ada dalam suatu produk, kita mencari jumlah molekul Nitrogen. Nah supaya produk makanan itu bisa lebih besar kadar nitogennya, dipakailah melamin. Biar lebih gampang mahamin, liat gambarannya deh:

Nah, karena itu sehingga analis mengalami kesalahan perhitungan pada jumlah protein. Tau kan faktor protein itu yang paling dicari orang dalam membeli produk? Nah dengan cara ini, bisa memperbanyak protein deh. Mirip-mirip sapi glonggong lah, tujuannya sama-sama menipu dengan cara memperbanyak jumlah..

Apalagi kalau baca kutipan dari wiki :

Melamine may have been added to fool government protein content tests after water was added to fraudulently dilute the milk. Because of melamine’s high nitrogen content (66% by mass versus approx. 10-12% for typical protein), it can cause the protein content of food to appear higher than the true value. Officials estimate that about 20 percent of the dairy companies tested in China sell products tainted with melamine.

Kenapa susu bayi memakai bahan seperti ini (melamin, pen) ? Iya, kalian dah tau, bahwa bagi orang tua, protein yang tinggi-lah yang dicari buat si buah hati. Yah, tapi malah jadi petaka deh.. Hehehe..

Sampe merinding bacanya. Ekstrim banget kan? Jadi selama ini, protein yang sesungguhnya bukan yang asli dari zat alami lho.. Hmm.. kalau udah gini, mending makan telur ayam yang langsung dari ayam kampung punya sendiri deh :) Kalau yang impor? Belum tentu masih alami.. Wah-wah infonya dikit banget ya? Hmm.. Maaf, ini juga lagi tahap belajar nih. Maklum, anak SMA.. Heheh..

CMIIW. Oke?

17 thoughts on “Melamin?

  1. Lumayan kok Nga, aku dapat ilmu baru dari artikel kamu. Eh tapi kemarin sempat dapat email dari teman katanya ada telur palsu juga lho dari Cina yang dibuat dari Borak atau apa gitu deh. Jadi jangan jajan telur rebus. Setuju dengan pendapat kamu, makan telur dari ayam kampung milik sendiri aja. lebih natural. thanks

    Like

  2. Kiki says:

    ha? itu serius bnran d pk unt makana?
    gilak…. mkn prh aja…..

    bnr tuh Ngga, sekalian ternak hewan sndr aja mah skrng.
    hehehe

    Like

  3. Serba takut jadinya kalo mo beli barang :( .. untung banget kalo kita sudah punya stok susu segar terus ya Nga :lol: … Jangan ngeres … Maksudnya disini, kita berdayakan peternak kita dengan meningkatkan produksi dari sapi yang khusus memproduksi susu. Dengan gitu kita gak perlu pake import segala …

    Like

  4. mBa EK says:

    melamin yg buat plastik itu kaya’nya malamin resin, melamin yg pke formaldehid (CH2O)
    Klo yg dipke d cina melamin doang.
    tujuannya bwat memanipulasi jumlah protein.
    soalnya metode analisis protein yg dipke skarang msh ngegunain metode analisis jumlah nitrogen.
    ntar klo dah kls 3 blajar analisis kjeldahl di proksimat.
    jlas bisa ditipu, org metode itu ngitung jumlah N anorganik( yg organik diubah k anorganik)
    jadi klo mo ngoplos jml N bisa tambahin sesuatu yg ada N nya kaya’ urea ato melamin.
    klo buat bahan bakar ky’nya g bisa. diliat dari ketersediaan trus harga yg lumayan, blom residu ato polutan yg dihasilkan.

    Like

  5. tak habis pikir…kalau yang diakal ..ditipu akibatnya adalah anak kecil…apakah mereka ngak berpikir…seandainya yang minum susu anaknya sendiri…dikasih racun plus gizi yang tak memadai…bagaimana nasib negara kalau dewasa adalah penyakitan semua…

    Malah sampai sekarang belum ada tindakan lanjut…malah tak ada ganti rugi sama sekali buat korban…kejam..sangat kejam…

    Orang-orang Bisnis banyak berotak jahat…(ada yang ngak sih..maaf yang bagi orang bisnis yang baik hati …)..untung Angga orang kimia…ntar saya dilempar pakai sandal…

    Like

  6. apa sih ngga yang lo posting itu..??
    gw ga ngerti sumpah..!!
    gw dulu ipa juga tapi ga penah mudeng sama bahan2 kimia..!!
    pas di lab dulu gw paling suka bakar belerang loh..
    hahahahahha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s