Review Sebuah Komik yang Pas Buat Dibaca Disaat Ujian Datang

Komik itu nggak selamanya harus yang jagoan-jagoan atau yang cinta-cintaan. Yang lebai and imajinasi doang. Tapi bukan juga komik ‘real’ yang begituan (Lho?).

Yang jelas, baru pertama kali di Indonesia, ada komik yang bikin otak gue demam berdarah gara-gara baca sampe ngakak. Well, it’s KAMBING JANTAN ‘Sebuah Komik Pelajar Bodoh’.

kambingjantan_komik-ok1

Komik yang bisa bikin kalian keram perut sampe sembelit..

Raditya Dika, seorang manusia autis yang doyannya bikin buku best seller, blogger juga, tukang cilok juga, tapi dia bukan pengamen. Takdir cowo batak itu pasti bisa nyanyi! Tapi Radith engga. Dia cuma bisa nyanyi lagu senam aerobik yang bunyinya ‘En wan, en cyu, encok pegelinu’. Suara yang merdu bukan?

Bersama Dio Rudiman yang doyan nyobek halaman tengah buku pelajarannya, seperti anak SD mau ulangan, hanya untuk dijadiin lembar coretan komik, mereka berdua berhasil membuat gue stroke selama 45 menit.

KAMBING JANTAN ‘Sebuah Komik Pelajar Bodoh’, komik yang menurut gue kacrut, lebai, gelo, sinting sangat seru buat dibaca. Apalagi dibaca pas guru lagi curhat sama papan tulis, sangat seru!

Cerita yang ada di buku ini, Radith yang mulai kuliahnya di Adelaide sekitar tahun 2003, saat dia ngambil course buat lanjutin kuliah di Adelaide University. Bersama temen-temennya dari berbagai negara, dia bikin macem-macem masalah. Mulai dari potong rambut bergaya F4 yang nyanyiin ‘Uu beybeh-beybeh-beybeh-may beybeh-beybeh’, yang berdampak dirinya disebut sebagai ‘Anjing’nya orang Korea, sampe dikira melihara babi di apartemennya di Adelaide. Semuanya tentang perjuangan seorang pelajar, pacaran long distance, sampe ngedeportasi temennya. Semuanya ada di buku ini. Sangat lengkap bukaaaan?

Tooolooong! Buku ini gila!!

Efek dari baca buku ini, gue males bangun dari tempat tidur. Padahal hati ini ingin nyetor. Uuuuh…

Gue baca buku ini, sebelum masuk ujian semesteran. Disaat orang-orang mulai ngapalin pelajaran, gue malah baca panduan step-by-step menjadi orang idiot. Gue cengar-cengir sendiri baca komik ini. Sampe bagian kata-kata ini, ‘Sebenernya, kamu mengingatkan aku ke Youra’. Abis itu gue ngakak mampus nahan boker selama 2 menit. Gile parah banget bagian ini. Oh well, mungkin ini kebangkitan komik indonesia. Komik nggak perlu tentang jagoan atau ninja-ninja gitu, ngelucu nggak selamanya Warkop, tapi semua itu bisa digabung jadi satu, yaitu Kambing Jantan ‘Sebuah Komik Pelajar Bodoh’.

Yang jelas,, komik terbitan gagas media ini sangat recommended buat dibaca. Apalagi menjelang ujian, disaat stress, pusing, dan putus asa, maka bacalah komik yang satu ini. Hahaha.. Kalian akan mati ketawa sampai nangis.

24 thoughts on “Review Sebuah Komik yang Pas Buat Dibaca Disaat Ujian Datang

  1. Ga, isi ceritanya sama ngga sih dengan buku Kambing Jantan yg udah beredar dulu itu?

    Harganya berapaan? :d

    Angga: Totally beda.. Nggak ada yang sama.. harganya di gramedia pajajaran tuh Rp 33.000,oo mayan mahall.. xixixi

    Like

  2. wah…

    kalau dilihat dari postingnya
    kelihatannya komik tersebut sangatlah lucu….

    haha

    cuma penulis tersebut sangatlah melebaikan

    terlihat dari kombinasi kata2 yang bermajas :-P
    spt: “pas guru lagi curhat sama papan tulis”

    maybe, i will buy this book.
    if i have enough money :-P

    W-cH’s

    Angga: Hahahaha.. Emang lucu banget nih komik!!

    Like

  3. heii..ikutan juga yah reviewnya. sukses yah, walaupun hadiahnya biikin geli juga (secara radit itu cowo) hehe..
    iya mahal, tapi kata orang2 di bdg ama jogja, di toko2 tertentu pada diskon tuh bukunya..

    tintanya bnyk yg nge-blok item. jadinya nempel di jari.udah gitu ngotorin cover.huhhu

    ini kenapa jadi curhat di mari ya?
    hmm..

    Angga: Iya.. sayang ya.. mungkin cetakan pertama kali ya? semoga aja cetakan kedua nggak kaya gitu :) hehehe.. Iya nih mau nyoba lomba. Tapi masih mikir-mikir, Radith tuh HOMO! hahaha.. Makanya nyebak kita make buku andalannya dan bikin posting, terus menang, en di grepe-grepe.. serem juga ya? Loh// jadi curhat juga! Hahaha

    Like

  4. alid abdul says:

    tidaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk gw telat beli… duh ember emang domisili gue di jombang… jadi klo mw ke gramedia kudu ke surabaya… penasaran bangettt dah….

    btw sempet sempetnya lo minta dipoto waktu baca… yang moto siapa??

    Angga: Yang moto.. gue sendiri.. hahaha.. taro kamera.. selftimer di menit ke 10, 20, 30, 40.. hahahaha

    Like

  5. hahahahasy udah 3 kali ketemu radit dan benar2 dia kocak habis…
    emang dia bilang, komik, novel, maupun filmnya ngak ad yg sama…..

    Angga: Wahahaha.. gak sabar nunggu filmnya :p

    Like

  6. wah bagus ya nampaknya?

    besok klo ke gramed beli deh,,

    baru kmaren beli maryamah karparov,,

    Angga: Waaah.. pecinta Andrea Hirata ya? saya kurang suka. Soalnya novel. Novel tuh tebel, nah karena tebel jadi males baca.. Sama kaya buku pelajaran.. hihihi

    Like

  7. agunk agriza says:

    ga suka radit ih .. hha
    mungkin gw satu2nya blogger yang ngga suka raditya dika .

    Angga: tenang gung.. gue juga gak suka dia kok. Soalnya gue masih normal. GUE MASIH NORMAL!

    Like

  8. Aku yakin pasti lucu deh Nga, laha sekarang kamu yang lucu aja bisa keram perut.. :) Cobain deh nanti pas pulang beli komik rekomendasi Angga. Tapi yang baca keponakanku kali ya, karena dia kan seusia kamu gitu pasti lucu buat mereka.. :) Thanks

    Angga: Mau tak kirimi ke Amerika? *Sok ngerti caranya*

    Like

  9. wulanekadalu says:

    hihihiii aku cuma ngikik baca komik ini…
    tapi krn beli komiknya di toko buku diskon ya lumayan ken 24750 tp masih mahal juga ya..

    salam kenal ya..
    mampir ke rumahku ya :P

    Angga: Itu mah udah murah.. :(

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s