Batik Day, Saat Seorang Pelajar Nekat

2 Oktober 2009 adalah hari penting bagi Indonesia. Hari ini ketika matahari terbit dari sebelah barat ke sebelah timur, eh salah, dari timur ke barat dan ketika angin bertiup sangat bau karena ada seseorang yang lagi boker yang memikirkan tentang nasib Indonesia selanjutnya, ketika orang lain memikirkan untuk memakai batik karena hari ini akan ada pematenan batik oleh UNESCO, muncul ide binal, -gue-harus-ke-sekolah-pake-batik-apapun-caranya-

Okelah pembukaannya baku banget pegel jempol gue mikirnya, hari ini kita pestaaaaa horeee!!! Hemm hemmm semua orang pada pake batik, diangkot gue liat supirnya pake batik, anak SMP-SMA pake batik, nyokap gue dari tidur pake daster batik, kucing gue pake batik (ga mungkin), semuaaa pake batik. Bukan karena ada undangan dimana kita bebas makan kapanpun, bukan karena sby nikahin anaknya lagi di Istana Bogor, bukan karena gue mau kawin, tapi ini bentuk nasionalisme yang keren abis.

Semua orang pasti pada batik yang keren-keren abis, ada batik kotak-kotak yang “SMP” abis, ada yang pake batik dari sutera yang mahal abis, ada juga orang yang pake baju koko tapi designnya batik. Kreatif juga, oke kalo hari ini gue libur, pasti gue memikirkan untuk pake bikini batik…

Gue awalnya 50-50 mau pake batik atau kagak, tapi begitu baca status update guru gue di facebook dia mau pake batik, dan gue ngeliat presenter rcti pagi-pagi udah pake batik, dengan modal nekat gue pake batik-undangan-gahol itu.

Alhasil sampe disekolah, sejauh mata memandang gak ada satupun orang yang pake batik, gue cuma bisa bilang,

“INI NEEEEEH TRENDSETTER SEJATI, BERANI TAMPIL BEDA HAHAHAHAHA!!!” *dengan muka bangga 1000 volt

DSC00100

Ga ada temen gue satupun yang berpikiran nekat kaya gue

Sampe dikelas gue dibilang, ‘Anjrit ga lu berani abis, ah nyesel gue ga ngikutin lu!’, ‘Angga you look likes pak pejabat, pas banget sama perut buncit lu’, ‘Oh meeen apa-apaan sih lu bawa baju ganti kan? oh pasti lu ga bawa deh, bagus banget lu emang gilaaaa!!’

Gue cuma cengar-cengir, dan pada saat itu juga, gue bilang I LOVE BATIK FROM INDONESIA…

Tapi kalo ‘koteka’ sampai dipatenkan juga, dan semua orang ikut-ikutan pake koteka juga buat kerja, gue mungkin bakal gak mau ngikutin lagi. Batik sih oke, tapi lu mau nunggu angkot pake koteka sambil goal geol dipinggir jalan? gak kan? Tapi apapun itu kita harus ngehargain budaya kita sendiri, yaah minimal bisa partisipasi lah kaya yang ginian (bukan, bukan koteka ini yang gue maksud, yang batiiiiik!!) . Seenggaknya kita udah save our nation gituloh, kan kata saykoji you copy my style, you copy again ‘Apa Plagiat Di Negara Lo Lagi Ngetrend?’.. Walaupun kita tetanggan yah pasti bersaing lah.. Masa lu yang tanam mangga yang metik mangganya tetangga lw? Ga mau kan?

Jadi, apakah kamu sudah mengganti profil picturemu dengan berpakaian batik?

DSC00102

Profpic gue di efbe

16 thoughts on “Batik Day, Saat Seorang Pelajar Nekat

  1. wah keren..berani tampil beda!!! salut deh.ini dia yang namanya kreatif, udah lama ga ketemu ma orang yang berani nekat tampil beda (dlm hal positif ).wah.. jadi nyesel deh, aku ga pake batik pas 2 oktober kemaren. ntar deh, ku juga mau ganti foto profil ku, yg pake batik. sip..sip…

    Like

Leave a Reply

