Ketika Remaja Ganteng Pergi Mudik

Gue suka liburan. Gue suka jalan-jalan. Gue suka tidur. Gue suka ee dicelana *boong*. Gue suka semuanya yang asik. Tapi gue benci liburan yang cuma tiduran dirumah, ngebatu dikamar, lumutan seharian. Hal yang selalu terjadi di liburan-liburan gue selama ini. Garing abis. Biasanya kalo liburan lagi garing gue langsung pacaran. Dan… bukan, bukan pacaran sama makhluk dari planet venus. Tapi pacaran dengan komputer, yang setia nemenin gue setiap waktu. Selain komputer, kucing gue lah yang selalu nemenin masa-masa suram liburan gue ini, kita main baseball, ps, petak umpet, sampe makan baso bareng.

“Sini foto aku.. Sebentar, aku ngeden dulu.. mmmmhhhh..”

Eniweei, biarpun liburan dah kelar gue punya pengalaman gokil selama liburan ini. Dari jadi bocah ilang paling ganteng se-Bogor sampe jadi cucu paling keren di perpusnas. Perpusnas? Iya, kemarin gue baru cerita tentang ketemu Eyang gue itu kan? Nah ini ada pengalaman gokilnya juga.

Oke, minggu pertama liburan.

Gue-Terancam-Gak-Liburan. Maksudnya, karena temen-temen sekolah gue yang sebagian besar anak kosan dan mereka mudik dari kosan ke rumahnya jadi di Bogor sepi. Gak ada temen buat nongkrong, nonton, atau minimal belajar bareng, ngerjain pr, diskusi presentasi, dll mengisi waktu luang (ini dusta yang gak mungkin terjadi). Karena waktu itu masih puasa, ya gue dirumah aja. Toh masih ada juga temen di sekitar rumah.

Malem Takbiran. Yeah, takbiran. Seru parah hahaha. Emang ngapain? Ngaji? Solat? Ke Mekkah? Ke Las Vegas beli cireng? Nggak, gue muterin Bogor naik motor dengan gaya serasa turis : celana pendek, muka kebingungan, cengo kaya bule nonton Dora lagi pacaran sama Boots. Di jalan…
Ais : “Kemana kita ga?”
Gue : “Kemana aja, sepi nih.. Terserah lu dah asal macet.”
Ais : “ishh aneh lu. Orang nyari tempat rame ini malah tempat macet -___-”
Gue : “Di tempat macet rame kan? Hahahahaha”
Ais : “zzzzzzzzzzzzzzzzzz”
Yap, gue nyari tempat yang macet. Sedikit idiot tapi anjir BOGOR SEPI MEEEEN! Akhirnya gue, Ais, Aga, Obi ke daerah Air Mancur – Tugu Kujang – McD Lodaya. Lah malah ke mekdoy? Ya, kita kelaperan wkwkwk udah gitu di McD kita foto-foto sama patung pedofil si Ronald McDonald lagi, mau gue ludahin, gue silet, gue manohara-in *maksa* tetep aja tuh om-om pedofil tetep senyum. Freak. Malem itu bisa didefinisikan bahwa kita berempat adalah bocah ilang di kota metropolitan.

Liat deh muka Ronald McDonald, serem abis. Eh tunggu, tangannya temen gue (Ais) ngapain tuh? Hahahaha

Waktu Lebaran.

Lebaran gue di rumah, solatnya di mesjid deket rumah. Ee di tengah lapangan deket rumah. Pas solat ustadnya nyanyiin eh bacain surat Al Ala sambil nangis. Gue yang gak ngerti kenapa beliau nangis aja ikutan nangis. Karena gue mikir, belum tentu tahun depan gue bisa solat di tempat ini lagi, belum tentu gue masih hidup di dunia ini, belum tentu keluarga gue masih selengkap ini. Sedikit sedih juga, apalagi tahun depan gue udah kerja, kalo kebagian kerja pas lebaran kan sedihnya parah-parahan banget! :( Beresnya, sasalaman sama orang-orang RT. Gue ga dapet thr disini. Kampret woi gue masih sekolah woi huahaha *rusuh*

Malemnya, om gue sama tante gue dateng ke rumah sama sepupu gue. Yak, gue dijemput pake Toyota Vellfire hahaha anjir disitu gue norak-kampung-desanya keluar banget. Biasanya naik angkot rock and roll angkot 17 yang doyan mogok. Eh sekarang naik mobilnya pak bos. Yah cuma kan jiwa gue aja norak, tapi muka udah pas lah gantengnya buat jadi bos *amin Ya Allah*. Gue nginep 3 hari di Cinere, main drum, keyboard juga lagi hahaha oh iya disini gue ketemu Om Heru, sepupunya bokap yang bisa main segala macem alat musik. Gue? Bisa kok alat musik, Suling. Itupun falsnya setengah mati hahaha

Percayalah kawan, gue cuma bisa lagu burung kakak tua doang dengan keyboard ini.

Pulang liburan dari sana gue langsung siap-siap nyari bahan makalah penelitian kacang kedelai gue. Karena bahan udah sekarat dan di internet gak ketemu bahannya, yaudah gue mutusin ke Perpustakaan Nasional. Sendiri. Yap sendiri, naik kereta hahahaha.. Selain nyari tugas, gue kan bisa ketemu eyang, ngobrol-ngobrol lagi sampe ketawa-ketawa. Nah disini yang seru…

Gue naik kereta pakuan sampe stasiun Gondangdia, lanjut naik bajay, sampe depan perpusnas. Ada kejadian malu-maluin disini, turun dari bajay, gue jatuh! Hahahahanjir, sakitnya dikit, malunya luar biasa. Malu? Iya soalnya gue jatuh pas lagi banyak orang lewat. Tokaaaaaaaaaaai… Pertama kali dateng, gue langsung pusing. Anjir ini gedung gede amat? Yang mana nih perpusnya gak tau gue! Sejauh mata memandang, yaampun asli dimana perpusnya. Daripada gue nangis terus pulang lagi ke Bogor, yaudah gue tanya satpam aja. *bocah banget*

Apa dong? Satpamnya judes abis hahaha.. Mungkin karena hari pertama masuk kerja, saat orang-orang masih liburan ya jadi bete aja kali yak.. Iya gue tau gue bocah keringetan lusuh gembel, tapi plis deh pak aku kan ganteeeeeng unyu unyuuuu.. Karena gue udah ancang-ancang nanya pake strategi keren, yaudah gue tanya gini,

Gue : “Pak, ruangan Pak Dady dimana ya?” *muka polos*
Satpam : “Pak Dady Rachmananta?” *masih pasang muka cuek bin jutek*
Gue : “Iya, tau pak? Dulu kepala perpusnas ini” *muka agak sombong*
Satpam : “Iya dilantai 2. Emang kamu siapa?” *mulai curiga*
Gue : “Saya cucunya pak..” *senyum kemenangan*
Satpam : “Oh… Oooh.. Kesana aja ya dek” *muka malu*
Gue : “Oke, makasih ya pak..” *muka bahagia huahahaha*

Sampe di gedungnya eyang, gue sms eyang kalo udah sampe perpusnas. Gue naik ke lantai 2, eyang turun ke lantai 1. Beda lift. Pas gue liat ko sepi? Yaudah gue turun lagi kebawah. Eyang dikasih tau satpam kalo gue udah naik keatas. Eyang naik lagi, gue turun. Pas gue turun eh diketawain satpam, hahaha anjir nih sebelumnya gue ngerjain si satpam sih karma kan gue wkwkwk yaudah gue tunggu dibawah. Nah baru tuh ketemu eyang.

Mejeng dulu di ruang tunggu. Siapa tau dapet pembantu baru (lah?)

Di ruangannya gue ngobrol sampe sekitar 2 jam, gak kerasa banget! Oh lagi-lagi gue ngerasa seneng gileee.. Ya tau kan gue gak pernah ngerasain punya kakek gimana hahaha jam 2 gue cabut ke perpus, sempet salam pisah sama eyang karena dia mau rapat dan mau langsung pulang.

Abis itu, gue ke pusat pembuatan kartu anggota. Ngeliat antriannya aja udah mual gue, sekitar 10 orang lebih! Udah gitu mbak-mbaknya agak judes gitu hahaha.. Gue ga boleh minjem pulpen sama dia, ah sial, gw ga bawa. Akhirnya beli dah pulpen murah cuma serebuan wkwkwk.. Dengan trik licik kaya yang gue perbuat ke satpam tadi karena sukses besar, gue ngisi form pendaftaran dengan sedikit lebay.

Orang yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.
Nama : Dady Rachmananta
Alamat : ……
No. Telp : …..
Status : KAKEK

Yap, beres, formnya gue kasih ke mbaknya. Dia shock, kaget. “OH INI CUCUNYA PAK DPR!” (DPR : Nama singkatan eyang gue). Dia ketawa, mungkin sedikit malu karena jutekin gue hahaha gapapa kok mba, yang penting saya tetep ganteng *ga nyambung* Akhirnya gue di suruh duduk, foto, dan taraaa.. Jadilah kartu anggotanya.

Jadi, gue nyelak? Iya! Hahaha harusnya gue nunggu 10 orang dulu eh jadi duluan hahaha sorry man, gue orang paling ganteng di tempat ini *masang muka songong*. Akhirnya gue bisa pinjem buku, dan pas nyari bukunya juga gue ditemenin Bu Endang – yang sebelumnya udah eyang telpon buat temenin gue. Bu Endang beda dari satpam dan mbak yang tadi, beliau baiiiiik banget. Ngajarin step by step nyari buku sampe detail banget. Karena disini pake catalog online yang bisa diakses dimanapun termasuk dirumah (www.pnri.go.id). So, sekarang gue ga perlu ribet-ribet kalo mau nyari buku, tinggal cari ke katalog online terus ke perpusnas. beres deh ;)

Gak perlu repot cari buku lama-lama, hello 2010 gituloooh

Beres dapet bahan penelitian, gue ke ruangan eyang lagi. Terus ngikut eyang ke rumahnya di Kebayoran Baru. Jakarta sepi! Anjir sepinya top banget. Sama kaya Bogor pas malem takbiran deh. Sampe disana gue ketemu Eyang Sari, makan baso sampe kekenyangan. Top! Tadinya gue mau balik pas abis maghrib, naik busway ke blok M sampe stasiun kota, biar solat maghribnya ga kelewat. Eh tapi kata bokap disuruh nginep aja. UNTUNG GUE BAWA BAJU GANTI! Kalo nggak gue pingsan 7 rupa deh wangi badan gue oh aromatherapy rasa ketek. Malemnya, gue baru ketemu sama Mas (Om) Hario, anaknya eyang gue. Kita ngobrol tentang bola lama banget  karena dia interisti dan gue liverpudlian. Sampe jam setengah 2, udah cape banget yaudah gue cabut tidur.

Besoknya gue balik sendiri, agak males juga balik. Masih pengen ngobrol sama eyang. Abis gue bener-bener gak kenal sebelumnya, karena nginep disana jadi deket banget. Apalagi gue inget kata-kata eyang “Jangan Kepaten Obor” yang artinya jangan putus tali silaturahmi.  Apalagi gue termasuk orang yang suka banget punya sodara. Sekalipun itu sodara jauh banget. Okelah segitu dulu. Buat Om Chris tante Linda  makasih banget udah diizinin nginep sama main drum di Cinere, plus THR nya juga hihihi. Buat Eyang Dady, Eyang Sari, Mas Hario makasih banget udah diizini nginep dan ditemenin selama ngebolang di Jakarta. Makasih banyak semua, udah nemenin Angga selama liburan. Baru kali ini liburan kerasa LIBURAN yang beneran.

Oke, segitu dulu. Maaf ya guys gue jarang posting. Tapi gue tetep terus cerita di blog yang udah 60.000 kunjungan ini asiiiiikkkkk!!! Gak nyangka blog abal gini bisa tembus 60.000 kunjungan :) thanks all..

Yap, inilah mudik gue. Mudik ke Jakarta. Lebih tepatnya, pulang kota dari desa. It’s unique right? Yes, I’m fine thank you and you? Oh yes I’m fine too thank you please get out from the world. #gila. Eh, semoga gue bisa ngerasain mudik yang beneran yaaa, oh Jember. Jawa Timur. Orang ganteng siap mengunjungimu *siapin Kamus Besar Bahasa Jawa*

7 thoughts on “Ketika Remaja Ganteng Pergi Mudik

Leave a Reply

