Catatan Buat Seorang Sahabat, Rizky Riri Kautsar

Tahun 2004, ya saya persis mengingat tahun ini. Ah, tahun pertama menginjakkan kaki di bangunan “kotak sabun” di Jalan Juanda Nomor 16 Bogor itu. Dengan tas kardus, tali rafia di kepala, ditemani pandangan membunuh para senior yang akan nge-MOS hari pertama ini, gue berjalan sedikit cepat menembus dinginnya jam 05.30. Pagi itu, gue menuju kelas 8C, kelas yang berada di lantai 1 tepat di tengah dari bangunan “kotak sabun” ini. 

“Ini, 7B kan?” tanya gue pada seorang pria yang sedang duduk di bangku paling depan kelas. “Iya, 7B juga?” tanyanya. “Iya, kenalin gue Angga.” jawab gue sambil menaruh tas di meja depan pria itu. “Gue Rizky, panggil aja Riri. Soalnya tadi gue kenalan juga sama orang itu, nama dia juga Rizky. Rizky Multiadi. Lu duduk dimana? Sini aja sama gue.”

Itulah hari pertama gue di SMP Negeri 1 Bogor. Riri, pria asal SD Polisi 4 yang terkenal itu. Sedangkan gue, orang dari desa yang baru sekali ini naik angkot ke sekolah. Biarpun gitu, Riri adalah orang yang supel parah. Dia juga kreatif, karena pas disuruh bikin tugas “susu aneka rasa”, dia pake susu kental manis yang dia ubah design labelnya, dan itu pake komputer. Sedangkan gue, corat-coret pake spidol hahaha… Pertemanan gue berlanjut setelah MOS beres. Sistem KBK yang bikin kelas harus ada per kelompok 4 orang memaksa gue untuk pindah ke bangku lain. Riri satu kelompok sama Faris, Rizky (Kiky), sama Bayu dan gue ada di kelompok sebelahnya.

Gue, Faris, Bayu, Riri, sama Kiky sering main bareng. Momen yang paling gue inget adalah saat gue pinjem hape Nokia 3200-nya dan main games Bounce. Sering banget gue dimarahin Riri karena pinjem hape dia dari pagi sampe siang dan bikin batrenya abis. Sorry banget Ri, abis game itu seru abis hahaha hal itu terus berlanjut sampai akhirnya dia ganti hape jadi Phillips Touchcreen. Gue stop gak pernah minjem hape dia lagi karena gak ngerti cara pakenya LOL

Pernah juga kita main ke Taman Yasmin rumahnya Faris, karena cuma ada 1 motor buat nganterin kita berempat pulang, gue terpaksa lari karena gue ditinggal oleh isengnya kalian hahaha sialan, gue lari sampe Taman Cimanggu! Cape bro hahaha -__- Oh iya, gue masih inget nomer hape dia waktu SMP, 0856 123 5700. Nomer yang unik dan gampang banget diinget :)

Ada satu kejadian, waktu olahraga, yang membuat pertemanan gue retak sama Riri. Entah apa itu gue lupa, yang jelas 1 tahun gue gak ngobrol sama dia. Gue bener-bener kesel karena kejadian itu, tapi sebelum gue masuk ke kelas 3, gue udah minta maaf sama dia. Kalo ga salah, ini cuma masalah ledek-ledekan nama orang tua kan ya, Ri? Hahahaha koplak!

Sampai akhirnya perpisahan SMP di Braja Mustika, gue duduk di sebelah lu. Kita udah akrab lagi, dan kita udah pasti misah walaupun SMA kita deket. Riri dapet kelas akselarasi SMAN 3 Bogor dan gue masuk SMAKBO, sama-sama di Ciheuleut hahaha kita masih tetep kontak-kontakan, tapi sekarang cuma lewat dunia maya. Lewat friendster lagi :p

Riri bikin blog, dengan nama samaran Riri Audiya. Alamatnya dulu di http://ririaudiya.com/. Sebuah personal blog yang unik abis. Setiap minggu gue baca, dan selalu takjub ngeliat kreativitas dia ditengah jadwal kelas akselarasi yang padet parah. Gue banyak nanya sama dia gimana cara bikin blog. Dan, dibantulah gue sama dia buat bikin blog ini. Ya, blog ini: anggavantyo.wordpress.com. Kata Riri, “Lu bakat nulis ga…”. Kalimat yang sampai sekarang selalu gue ingat :)

2 tahun berselang, Riri lulus SMA. Gue masih tetep di SMAKBO, malah masih nunggu 2 tahun lagi buat lulus. Riri diterima di FTTM ITB! Fakultas Perminyakan dan Pertambangan ITB! Asli gue takjub ngeliat temen gue sekeren ini. Gue chat sama dia via Yahoo Messenger: “Ri, caranya masuk ITB gimana?”

“Susah-susah gampang, gue masuk via UTM dan tapi belajar aja terus pasti lu bisa nyusul gue disini :)” “Sip, gue janji bakal nyusul lu kesana!” bales gue dengan semangat tinggi hahaha

Tapi, ada 1 permintaan gue sebelum dia ke Bandung. Hunting bareng. Hunting bareng Kenang Ina juga yang mau pergi ke Belanda. Ah, tapi waktu kita bertiga gak pernah bisa bareng kosongnya. Sampai akhirnya, dia resmi jadi anak Bandung dan Ina cabut ke Belanda.

Gue lulus SMAKBO, dan niat gue untuk ketemu Riri di FTTM ITB udah gue coba. Gue PKL di LEMIGAS, supaya dapet gambaran kerja di perminyakan. Gue tetep kontak Riri, tapi udah gak sesering dulu karena gue gak punya nomor hape dia yang baru sedangkan YM-nya gak pernah aktif. Akhirnya, gue gak bisa nepatin janji gue buat Riri. Gue terlalu pengecut untuk nyoba test ke ITB. Gue takut oleh perkataan orang-orang kalau ITB sulit ditembus anak SMK. SNMPTN Undangan, gue milih ke jurusan di sebuah universitas yang menawarkan “kesempatan” kerja di perminyakan. Ilmu dan Teknologi Kelautan, IPB. Iya, gak kesampean ke Minyak Ri, tapi gue pasti bisa menemukan minyak diantara lautan yang luas ini. Doain ya Ri :)

Sampai akhirnya, setelah 1 tahun lebih kita gak pernah kontak, Lu pergi jauh Ri. Lu pergi buat selama-lamanya.

Selamat jalan sahabat, teman terbaik, teman yang ingin sekali gue tiru karena kepintaran dan kebaikannya, teman yang selalu senyum kalau ketemu gue dimanapun. Teman yang kreatif yang gue yakin kalau lu masih hidup, bakal berguna banget buat bangsa ini. Gue berjanji buat lu bro, bakal bisa nyusul lu ke “minyak”.

Innalilahiwainnailaihirojiun

Gue bakal merindukan suara serak lu yang khas itu, Ri :'(

10 thoughts on “Catatan Buat Seorang Sahabat, Rizky Riri Kautsar

  1. Tina Latief says:

    Saya juga punya teman yang seperti ini,
    ngga menyangka kalau teman yang dulu suka menyapa saya itu justru meninggal dengan tragis setelah terlindas motor..
    sometimes it happen..

    Like

  2. agung agriza says:

    walaupun dia bukan temen blogging gue, atau iya tapi lupa ya? -_-
    tapi dia itu my friend’s friend, dan sedih aja denger kejadiaannya harus kayak gitu :(
    semoga amal ibadahnya diterima, ya

    Like

Leave a Reply

