Akhirnya Studi Banding dan Malioboro!

Udara pagi hari Kota Jogjakarta. Setelah perjalanan gila dari Dramaga menuju Jogjakarta kemarin (https://anggavantyo.wordpress.com/2013/01/27/gudeg-batik-kraton-im-coming-jogja). Untuk kedua kalinya gue bisa merasakan indahnya melakukan “ritual” yaitu alarm-pagi-hari-ke-kamar-mandi setelah dua setengah tahun lalu mengunjungi tempat ini bersama keluarga besar SMAKBO. Gak ada yang berubah, terutama setelah gue menuntaskan ritual dan keluar rumah untuk menikmati sejuknya jam 05.20 di Jogja. Berjalan, terus berjalan, sampai akhirnya menemukan Jalan Kapten Tendean, Wirobrajan. Gue lihat sekeliling, ah gila sepinya jalanan disini. Mungkin kalau gue bawa tripod, udah gue pasang kamera pocket coklat kesayangan gue di tripod dan gue akan bergaya kayang ditengah jalan. Sayangnya rencana bodoh itu tidak terlaksana. Damn! Gue pengen kayang di Jogja! Hahaha

Gue seneng banget yang namanya jalan-jalan, entah itu jalan yang kesasar seperti perjalanan kemarin, jalan pagi bersama nyokap ke tukang sayur (walaupun agak nggak elit), dan juga jalan terjauh gue selama hidup: Perjalanan Menuju Jawa Timur (https://anggavantyo.wordpress.com/2012/03/05/perjalanan-menuju-jawa-timur), tahun lalu. Pagi ini, dengan sendal bata yang telah menemani gue selama 4 tahun, gue berjalan mengitari daerah Wirobrajan ini. Damn, I love Jogja.

Setelah puas, gue balik lagi ke rumah Eyang Dady. Oh iya, Eyang Dady itu adalah Eyang yang biasa gue ceritain itu lho. Beliau tinggalnya di Jakarta, tapi rumah ini adalah rumah beliau. Tapi Tante Hani yang nempatin rumah ini. Keluarga Tante Hani udah pada beraktivitas, sepagi ini. Gue duduk di ruang tamu, ditemani air putih dan Gudeg khas Jogja yang dibelikan khusus buat kami bertiga. Fadhli dan Thony masih terkapar di kamar. Gue ngobrol dengan Tante Hani tentang perjalanan kemarin, tanya sana-sini mengenai Jogja, dan yang lebih keren lagi, Tante Hani-lah yang bilang kalau jalur yang kita lewatin kemarin itu namanya Jalur Daendels! Jalur yang ada pocongnya! Jalur pantai selatan yang gila! Hahahaha NaFAILgator! Hahaha

IMG_0204

Bergaya di depan Rumah di Wirobrajan bersama mobil yang luasnya bisa untuk main futsal, Gran Max.

Thony dengan kumis yang tumbuh setiap hari dengan kecepatan 1 mm/jam udah bangun, dan Fadhli dengan rambut kribonya yang mekar kaya pohon di musim semi juga udah bangun. Kita bertiga menyantap Gudeg yang tadi udah disiapkan, ditemani 2 kucing manja yang minta jatah layaknya preman karena sudah lebih dahulu menguasai tempat ini sebelum kami tiba. Kita ngobrol dengan Tante Hani dan suaminya, juga dengan anaknya. Suasana yang sederhana, tetapi hangat. Pagi itu, gue belajar 1 hal. Bahwa rumah yang indah tidak harus mewah, tetapi hangat. *nyalain kompor*

 IMG_0210

Whats-up-face-Thony beserta Phedofadhli yang sedang bermain dengan kucing di belakang rumah.

***

Berlayar Menuju SKM Bulaksumur dan Balairung UGM

“Mandi. Kita harus mandi pagi ini.” Begitulah kira-kira keadaan genting saat sadar jarum jam menunjukkan pukul 9.30 saat Erma dan Nana udah mulai mention kita bertiga untuk segera cabut dari rumah. Kita janjian di UGM jam 10, dan ini kita masih slow-slow aja dirumah hahaha.. Oke akhirnya kita bertiga mandi, beres-beres, dan pamitan mau pergi karena besok gak nginep disini tapi di Gunung Kidul. Dijemputlah keenam jurnalis yang baru pada mandi itu gak jauh dari rumah Eyang gue.

Universitas Gajah Mada.

Akhirnya, gue menapakkan kaki juga di kampus biru ini. Gue mencari-cari gajah di tempat ini, sayangnya gak nemu *minta ditampol*. Kita dijemput oleh pimpinan umum SKM Bulaksumur untuk menuju sekretnya. Masuk UGM, lewatin rektoratnya, masuk perumahan dosen dan…. yak, sekretnya di perumdos. Sama kaya kosan gue -__- hahaha.. Pertama yang gue lihat adalah sebuah rumah yang keliatan banget pasti sudah terbentuk sejarah dari orang-orang hebat disini. Rumah yang lumayan sudah tua, tapi sangat nyaman dengan pohon besar yang rindang. Adem beneeeerrrr, kalau kata iklan celana dalem di TV. Bukan, bukan itu maksudnya. Bukan kaya celana dalem, tapi ademnya itu adem bener. Pokonya mah gitulah atuh jadi pusing kieu hahaha *riweuh*

IMG_0250

Contoh produk yang dibuat oleh Bulaksumur dan Balairung, keren parah!

Kita semua sharing tentang Jurnalistik ini. Fokus gue pecah disini, karena gue lagi mencari-cari orang penting yang udah kangen berat karena ga pernah ketemu selama setahun ini. Nastiti Utami, temen SMAKBO gue yang jadi mahasiswi UGM dan anggota SKM Bulaksumur. Gue BBM Uthe, tiba-tiba dia nongol dan nepok otot yang sangat besar di tangan gue (baca: lemak -_-), “WOY! HAHAHAHA GENDUT!” itu kata-kata yang keluar dari mulut Uthe begitu ketemu gue. Damn you Uthe, gue gak gendut. I was born with big bones grown up everyday. Gila, gue udah lama banget ngga ketemu orang yang juga lulusan Canon School ini. Udah lama banget gak ketemu calon istri Pak Dokter yang lagi kuliah di FK UKI. Udah lama banget gue gak nongkrong bareng di “Sirkel Key” Kebayoran Baru, dan juga udah lama banget semenjak Gowes di SCBD waktu jamannya PKL. Time flies.

IMG_0262

Big Bones and Si Jendril Naftalent Forces.

IMG_0302

Foto bersama kru Bulaksumur, Balairung, dan Koran Kampus IPB! Studi banding~ Studi banding~

***

Bukan Jogja namanya kalau garing. Setelah makan Gudeg (lagi) di Gudeg Yu Jim, perjalanan kali ini kita lanjutkan ke Malioboro! Aslinya, pengen ke Sarkem hahaha gara-gara temen gue sialan (Reza dan Janu) yang memperkenalkan gue akan ngerinya Sarkem di sini. Gue pengen ikutan uji nyali, uji nyali melewati wanita malam yang mengajak untuk belajar kalkulus bersama. I thought she was engineer in past day. Serem bukan belajar kalkulus bareng? Untung gue udah lulus mata kuliah itu dengan nilai C! Dan gue calon Insinyur! F*ck nilai! Hahaha

IMG_0334

Ketika kalian melewati petunjuk arah jalan ini, berdoalah. Dan buka celana lah.

Oh iya, dijalan gue menemukan motor ber plat F! Langka banget hahaha tapi yang uniknya, kita ketemu motor itu di lampu merah. Dan baru aja nabrak plat motor di depannya yang berplat motor A. Bogor vs Serang. Fadhli vs Thony. Gue rasa, ini adalah playstation. Tabrak aja bos! Hahaha

IMG_0331

Tersangka F dengan korban A. Lebih baik bernilai F daripada nilai A. *amit-amit*

IMG_0339

Tiang Striptease.

Kali ini, di Malioboro ini, gue gak beli apa-apa. Hanya bernostalgia akan kerennya perjalanan Studi Lapang SMAKBO 2010. Gue, Pandu, Evan, dan lainnya yang abis belanja gila-gilaan karena ga tau kalau disini itu mirip di BTM versi jalan raya. Kita ke Mall Malioboro dan ke McD cuma beli Ice Cream Cone. Kita semua terharu, karena Evan ngomong gini…

Baru pertama kali makan Es Krim ginian. Ternyata enak ya… Dikirain teh mahal abis suka liat orang anak SMP SMA gitu makan cuma bisa ngiler aja.

BLARRRR! Gue merasa gagal menjadi teman yang baik. Malam itu, gak akan pernah lupa akan pengalaman bersama temen-temen SMA terbaik gue :)

***

IMG_0363

Nana makannya apa? Emih! Nana makannya brapa? Dua! Dua piring! Hahaha

Selesai dari Malioboro kita menuju Gunung Kidul. Malam hari, melewati jalan berliku-liku yang bikin anggota kita Jackpot! dengan pemandangan spektakuler yaitu lampu-lampu Jogja di malam hari. Terima kasih Allah, ini indah banget. Malam itu, kita puas mengelilingi Jogja. Dan beristirahat di rumah sederhana yang nyaman sekali, rumah neneknya Erma. Selamat malam, Jogja! Sampai bertemu dengan Pantai esok hari!

5 thoughts on “Akhirnya Studi Banding dan Malioboro!

  1. bagus yaa artikelnya. salam kenal, saya mhsiswa UII jogja. ohyaa, ada gk yaa studi banding yg ke IPB, yang dari jogja pengen jg klo misal berkesempatan study banding ke IPB. ada info?

    Like

  2. ratna says:

    Saya orang Bogor tapi sedang berkuliah di UGM.. jadi terharu ngeliat plat F hehe.. jadi kepingin ikut UKM Balairung deh hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s