Angga Jadi TKI, Sebuah Cerita dari Imigrasi

Well, gue selama 21 tahun selalu menetap di Pulau Jawa. Oh mungkin kalau dikurangi 4 hari di pulau Bali dan 1 hari di Pulau Pari berarti gue tinggal di pulau Jawa selama 21 tahun kurang 5 hari (penting abis dihitung -__-) hahaha yap, gue belum pernah ke pulau lain di Indonesia apalagi ke luar negeri. Gue gak punya paspor, itulah alasan kenapa gue juga betah banget di Indonesia.

Paspor itu, makanan rasa cokelat yang panjang-panjang itu ya?

Bukan, bukan itu maksud gue hahaha gue mau bikin paspor. Semacam itulah. Gara-garanya om gue ngajakin ke Singapore, tapi gagal mulu karena gue ga punya paspor hahaha yaudah gue cari info sana-sini, eh ternyata bisa lewat online. Awalnya gue mikir setelah daftar online, paspornya bisa langsung jadi, di print sendiri gitu. Tapi itu adalah kesimpulan terbodoh sepanjang peradaban manusia -__-

paspor 24h

Gak ada yang salah kan dengan form isian ini? Paspor Biasa (bukan TKI) 24 halaman

Gue berfikir ah ngapain juga beli yang 48 halaman, toh gue juga pasti jarang ke luar negeri. Setelah ngelengkapin berkas semuanya, gue dapet pemanggilan buat tanggal 20 Agustus 2013. Waktu pengisiannya klo ga salah 23 Juli 2013. Oh okay, gue nunggu sebulan -___-

Pas H-1 nya gue dateng ke Imigrasi Bogor (Seberangnya Warung Steak), gue survey aja dulu biar besok jadi ada gambaran. Gue ketemu mbak-mbak informasi dan gue dikasih secercah harapan untuk jadi pacarnya. Oh okey, itu nggak bener. Mbak-mbaknya ngasih tau kali gue harus bawa:

– Fotokopi KTP yang udah diperbesar
– Fotokopi Kartu Keluarga yang terbaru
– Fotokopi Ijazah
– Fotokopi Akte Kelahiran
– Fotokopi Buku Nikah (okey, gue dikira udah nikah -___-)

IMAG0248

Sip, pas hari H-nya gue dateng jam 7 pas. Ngambil antrian udah dapet nomor 93 yang artinya gue harus nunggu 83 orang lagi.

IMAG0250

Untung bawa headset, jadi slow aja nunggu berapa lama juga hahaha. Gue nunggu di Loket 6, begitu antrian 93 (kira-kira 2 jam nunggu), disuruh bayar Rp105.000. Kok murah, perasaan biasanya 255 ribu. Oh ternyata karena 24 halaman toh. Yowes gapapa :)

IMAG0249

Beres, gue disuruh nunggu lagi buat ke loket 11/12 yaitu foto dan wawancara. Gak begitu lama, gue dipanggi buat foto dan rekam sidik jari. Ada yang susah pas sidik jari, karena gue ada mata ikan di jari kelingking kanan yang ngerusak pembacaan. Tapi bisa juga akhirnya, diteken aja terus hahaha

Pas sesi wawancara, gue ditanya mau kemana. Yaudah gue jawab, “wisata ke Singapore.” Terus pas ada pertanyaan “selain itu mau kemana lagi?” Gue jawab aja dengan impian gue: “Study Exchange ke Jepang.” Pas dia check paspor gue, “Oh ini paspor 24 halaman ya? Ini kan buat TKI.” Jleb.

Gue jadi TKI = Tenaga Kerja Imutgantengdanseksi.

Ah gila, terus pas gue bilang “Masa sih mbak? saya daftarnya Paspor Baru yang BIASA kok, bukan buat TKI di webnya.” Terus dia check blablabla, oke jadinya gapapa. Tapi katanya buat ke Eropa atau negara maju seperti Jepang, gue harus bikin paspor lagi yang 48 halaman. Oh maygat. Gapapa deh, nanti aja diurus lagi kalau udah fix beneran ke Jepang huhuhu

Jadi untuk sementara, paspor yang diambil 3 hari lagi itu buat jaga-jaga aja kalo diajak liburan dadakan sama om gue :) #AnggaJadiTKI

***

Update: Kata kaka gue, temennya bisa kok ke luar negeri dengan 24 halaman ini. Bedanya cuma di halamannya aja lebih dikit. Gak ada perbedaan. Sama-sama sampulnya warna hijau juga :)

30 thoughts on “Angga Jadi TKI, Sebuah Cerita dari Imigrasi

  1. citra says:

    Mas angga jd gpp kan paspor 24 h itu??
    Sama nih saya bikin paspor online..saya pilih 24h krn jarang jg paling 1-2xthn dpn..pas saya konfirmasi ke pihak imigrasi mrk blg gpp tp pake embel2 “ya paling nanti mba dibandara aga didiskriminasikan krn disangka mau kerja”nahh loh..
    Mmng beda ya penampakannya??
    Gpp ga sih sbenernya??

    Like

    • Seharusnya bisa karena Paspor biasa yang berisi 24 halaman mempunyai fungsi dan derajat yang sama dengan paspor biasa yang berisi 48 halaman, perbedaan terletak pada fisik jumlah halaman dan tarif PNBP,

      Like

    • eva kirana says:

      Sebelum bayar bisa2 aja pilih aja perubahan. Kalo udah terlanjur bayar yg bikin males adalah nanti dipetugas loket dikasih kwitansi baru yg harus dibayar untuk paspor 48h dan uang yg udah dibayar untuk paspor 24h hangus sia². Kalo mau tetep pake paspor 24h (di depok) harus pke surat pernyataan bermaterai yg isinya menyatakan kalo kita menggunakan paspor 24h atas kemauam sendiri dan apanila ditolak dikedutaan atau bandara siap bertanggung jawab dan tidak menyalahkan pihak imigrasi. Haha

      Jadi sebelum bayar baiknya pikir² dulu :)

      Like

      • devy says:

        jadi kemaren jadi berangkat ke singapura ga?karena saya juga ,mau kesana takut di diskriminasi.kalo buat pasport lagi bisa ya?boleh berati punya 2 pasport?

        Like

  2. yanto says:

    Teman2, mohon update info or sharingnya terkait paspor 24 h apa msh ada negara tujuan yg mempermasalahkan?, kalo ada negara mana? (Walopun dah ada surat dirjen imigrasi tgl 9 nov 2010 alias 4 thn lalu yg menyatakan 24h & 48h sederajat) ?, pls info ya.. trims.

    Like

  3. Nitha says:

    Wah thanks bgt nih, infonya ngebantu bgt. Kemarin abis bikin paspor 24hlm tp dpt info katanya itu cuma buat TKI -_- padahal ada acara kantor mau ke Singapore and Kuala Lumpur. Berarti paspor 24hlm bisa buat orang biasa kan? Untuk ke Malaysia bisa juga?

    Like

  4. Made says:

    udah ada yg buktiin bisa masuk ke jepang ga dgn paspor 24 halaman?? terlanjur bikin via online nih..petugas kantor imi bikin ketar-ketir aja…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s