Akhirnya Punya Paspor 24 Halaman

Yap, akhirnya paspor beres dibuat. Menyambung dari tulisan tentang kenapa gue bikin paspor online disini,  gue dapetnya yang 24 halaman. Kata orang, paspor 24 h itu buat TKI, kampret. Nah pas gue ngambil ke imigrasi dan tanya ke mas-mas yang jaga parkir, eh dia gatau :( Yaudah gue tanya ke ibu-ibu yang jualan gorengan, eh gue malah disuruh pergi aja ke laut :( Kok dia tau gue anak kelautan :( (ini apa……)

IMAG0262

Paspor buat orang non TKI itu warnanya hijau bro

IMAG0264

Nah kalau ini keterangan paspor 24 halaman di halaman terakhirnya ada data diri.

Oke, pas hari pengambilan paspor gue ngasih surat keterangan pengambilan paspor ke bagian loket pembayaran. Eh taunya disuruh nunggu, antri gitulah. Oke gue duduk dan bengong karena hari itu rame banget. Sebelah gue mbak-mbak-alien, belakang gue mas-mas-kangen-band, eh depan gue orang lagi pacaran. Kampret. Oh iya, disini gue ketemu anggota blogor juga lho, mbak Utami Utar dan Kang WKF. Mereka ngambil paspor buat anaknya, sedangkan gue ambil paspor buat cucu gue.

IMAG0263Paspor 24h ini berlaku untuk seluruh dunia! Jadi lu bisa ke dunia akhirat dengan tenang :) #salahgaul

Karena tadi gue gagal dapat informasi tentang paspor 24 halaman ini karena nanya ke tukang parkir dan ibu gorengan gagal total. Yaudah gue tanya lagi ke mas-mas yang ngasih gue paspor,

“Pak ini boleh ga dipake ke luar negeri? Ke semua negara gitu pak?”
“Ya boleh lah, tapi tergantung kedutaannya. Kalau disuruh 48h yaudah mas bikin lagi aja gampang.”

Sip, kesimpulannya paspor 24 halaman ini bisa dipake kemana aja. Asalkan pas bikin visa tanya dulu boleh ga pake paspor ini. Negara maju sih katanya gak boleh.

“Kalau ke Arab pak?”
“Boleh lah, eh tunggu, bapak TKI? Kok paspornya hijau?””…”

Salah gue lagi kan kenapa tanya mau ke Arab.

IMAG0265

Tuh, pas fotonya aja blur gitu -__-

10 thoughts on “Akhirnya Punya Paspor 24 Halaman

  1. hahaha . congrats bro .. sm klo bgindang gue jg yg ijo ko . tenang negara maju bs trm lo dg paspor ijo . gmn pegawai transmigrasinya aja , klo ganteng pegawai’y bs #kurang didikan #salah fokus :bwee

    Like

  2. i see ..
    goodluck ya , jaga baik2 si kolor hijau’y #salahfokus lagi :bwee
    ingetin no paspor’y , klo perlu tls pke tinta ijo di kolor lo #serius jd klo paspor lo ilang gak ribet lg si ptugas transmigrasi mending klo dpt ptugas cantik #kurangdidikan :hehe . good luck ya bro , wiss you luck :pray

    Like

    • Ya, harusnya sama saja. Tetapi banyak yang mengirim ke surel saya dan mengeluh ditelantarkan di bandara dengan alasan paspor 24 jam hanya untuk TKI. Saya pun pernah ke KANIM Bogor menanyakan hal ini, malah apabila ini memberatkan saya, saya minta penggantian menjadi 48 halaman. Tetapi sayangnya tidak bisa, hrs menunggu hingga masa berlakunya habis (aneh sekali ya?). Semoga ada tindak lanjut yang jelas :)

      Like

      • Paspor 24 jam? :p

        Bisa tolong ditanyakan kepada mereka yang mengirimi Angga email, apakah boleh email keluhan mereka di forward ke saya? Saya mau laporkan ke pihak yang berwenang. :)

        Gini aja, print berita http://www.bnp2tki.go.id/berita-mainmenu-231/3523-imigrasi-bebaskan-biaya-paspor-24-halaman-bagi-tki.html

        Kan ada keterangan

        (1) Paspor biasa yang berisi 24 halaman mempunyai fungsi dan derajat yang sama dengan paspor biasa yang berisi 48 halaman, perbedaan terletak pada fisik jumlah halaman dan tarif PNBP,

        dan

        (3) Masa berlaku paspor biasa yang berisi 24 halaman yang semula 3 tahun menjadi 5 tahun,

        Disebutkan juga bahwa, “Pemberian paspor yang berisi 48 halaman atau paspor yang berisi 24 halaman, sebut Djoni Muhammad, diberikan berdasarkan atas permohonan dari pemohon.”

        Lalu print juga

        Penegasan Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI.1040.GR.01.01 Tahun 2010 tentang Perubahan Kelima atas Petunjuk Pelaksanaan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor F-458.IZ.02.03 Tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) di http://madiun.imigrasi.go.id/peraturan/download/43bf1d834e348bef4dad698165503f54

        Nah kalau ada petugas imigrasi yang macem macem sama pemegang paspor 24 halaman, kasih aja bukti print diatas.

        Kalau masih ngeyel, catet namanya dan bikin laporan di https://lapor.ukp.go.id

        Semoga Indonesia menjadi lebih baik :

        Like

      • Wah maaf mas, maksud saya paspor 24 halaman hahaha kok bisa ya jadi 24 jam -__-

        Ok mas, nanti saya jadikan ini sebagai catatan tambahan di posting ini apabila ada yang ragu tentang paspor 24 hal ini. Saya juga belum pernah mencoba terutama ke negara-negara maju. Terima kasih mas atas informasinya :)

        Like

      • Aahhh masa sih kok sy bs smp ke eropa bhkn sy skrng di sout america brngkt dng paspor tki 24 halamn baik2 aje, ga da mslh ataupun pertanyaan2 dr phk miograsi indonesia ataupun eropa,bahkan sy smpt klarifikasi dng pihak kedubes indonesia disini mrk dng ternag mengataka SELMA PASPOR ANDA MASIH BERLAKU,HALAMAN MASIH CUKU DAN ADA VISA YANG VALID AND BEBAS KEMANA SAJA, TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA PASPOR 24 ATAUPUN 48 HALAMAN! gitu katannya mas andre yang ganteng slh satu staf kedubes hehehhehehehheheheeheh

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s