Gita Wirjawan: “Berani Lebih Baik”

Berani Lebih Baik. Kata-kata itu tak sengaja terlihat di jalan raya ketika saya sedang berangkat menuju kampus. “Ah, Pak Gita Wirjawan!” begitu saya refleks berucap. Kebetulan saya terus mengikuti kabar dari beliau melalui Twitternya (@GWirjawan) sejak Indonesia menang Kejuaraan Bulu Tangkis Agustus lalu. Waktu itu, Pak Gita lah yang paling bersemangat dan optimis Indonesia juara sejak babak perempat final. Terus meminta dukungan dan doa dari jutaan rakyat Indonesia, untuk terus mendukung dan terutama memberi doa kepada atlet bulu tangkis kita yang bertanding. Ah memang benar, doa sangat membantu. Pak Gita juga selalu berucap kita harus berani untuk melawan China dan Malaysia, dan menang! Hasilnya? Dua kemanangan dari lima gelar! Tapi, memangnya siapa Pak Gita? Apa beliau juga atlet bulu tangkis? Hahaha bukan bro bukan, tapi beliau adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) sekaligus Menteri Perdagangan Indonesia. Wah, ada apa ini dengan jargon barunya “Berani Lebih Baik” ?

***

Berani Lebih Baik…

gita-foto-profil-bio

“Saya Gita Wirjawan. Keberanian Anda Memberi Saya Semangat untuk Berani Lebih Baik”. Kalimat yang terdengar sangat keren itu adalah iklan Pak Gita, dan ternyata setelah gue cross check di internet, di website http://www.gitawirjawan.com/ dan juga di situs  http://www.ayogitabisa.com/ (kalian bisa check langsung), wah ternyata beliau akan maju menjadi Calon Presiden 2014. What an amazing brave desicion! Memang, gue pernah ikut seminar dengan pembicaranya Pak Gita Wirjawan, kalimat yang top banget yang gue inget adalah “Saya tetap percaya, aksi lebih keras daripada kata – kata”. Untuk maju menjadi calon presiden adalah sebuah aksi, bukan cuma kata-kata. Itu keren parah.

Di website itu juga, gue lihat biografi Pak Gita Wirjawan. Lahir di keluarga berpendidikan berdarah Jawa-Manado beliau begitu piawai berbisnis lantaran memang latar belakang beliau adalah lulusan S-2 Harvard dibidang bisnis dan finansial. Beliau juga seorang penyuka golf, renang, basket, sepakbola, dan musik jazz. Sama lah kayak gue, suka renang juga dan (nonton) sepakbola hahaha Oiya, buat yang masih sekolah kaya gue gini, bisa ngeliat deh bahwa Pak Gita Wirjawan ini peduli dengan pendidikan. Pak Gita mendirikan Ancora Foundation, yayasan amal yang bergerak dalam bidang pendidikan, karena menurut Pak Gita pendidikan itu penting. Kalau pemimpinnya peduli sama pendidikan, terutama IPTEK, bisa segera jadi negara maju dah! Yah setidaknya jadi kiblat pendidikannya Asia Tenggara, top abis! Gagasan-gagasan yang disampaikan oleh Pak Gita Wirjawan juga sangat menarik, antara lain :

“Investasi terbaik bagi indonesia adalah investasi pendidikan bagi anak-anak bangsa kita”

Dan satu hal yang awesome parah adalah pernyataan beliau apabila kita-kita nih mau kerja di Kementerian Perdagangan, kita harus punya TOEFL minimal 600! Yah, buat standar gitulho supaya gampang jika ada transaksi perdangangan antar negara, komunikasi dalam bahasa Inggris lah nomer satu ;)

Politik-Bisnis-Musik-Olahraga-Pendidikan.

Semua hal tersebut, ada didalam jiwa Pak Gita Wirjawan. Ditambah lagi usianya yang masih 48 tahun, jiwa muda yang masih mengalir membuat gue optimis akan ada perubahan besar yang bakal dibuat oleh beliau. Ditambah pernyataan beliau, “Saya percaya politik adalah upaya kita semua untuk menentukan mau dibawa ke mana Indonesia. Artinya, politik tidak boleh hanya jadi permainan segelintir orang”. Nah, dengan ini gue sangat kagum dengan pernyataan beliau yang BERANI. Yeah benar, Berani Lebih Baik! ;)

***

Sekilas Tentang Pak Gita Wirjawan…

Gita Wirjawan lahir di Jakarta pada 21 September 1965. Beliau menempuh pendidikan S-1 di Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat pada 1992 dengan mengambil jurusan administrasi bisnis. Harvard bro, Harvard. Selepas S-1, beliau berkarier sebagai seorang bankir di Citibank. Kecintaannya kepada musik membawanya manggung dari kafe ke kafe, hingga akhirnya pada tahun 1997 ia terpaksa menghentikan konser kafenya ini karena kesibukan.

Pada tahun 2000, Gita berhasil menamatkan kuliah S2 nya di Harvard lalu bekerja di Goldman Sachs Singapura hingga tahun 2004. Goldman Sachs adalah sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman. Pada tahun 2005 ia pindah bekerja ke ST Telekomunikasi, Singapura. Di perusahaan tersebut, ia bekerja selama kurang lebih satu tahun sebelum akhirnya berlabuh ke JP Morgan Indonesia.

Pada 11 November 2009, Gita bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Gita sukses membuktikan kepemimpinannya dengan meningkatnya realisasi investasi. Ia dianggap sebagai pemasar andal bagi investor asing untuk menanamkan modalnya di negeri ini. Top parah!

Selanjutnya pada tahun 2011, ia mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dengan ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu.
***
Apakah orang dengan latar belakang seperti Gita Wirjawan mampu memimpin negeri ini dalam lima tahun ke depan? Siapapun presidennya nanti, yang jelas saya sebagai bangsa Indonesia tentu saja memimpikan presiden yang jujur, berani, dan tegas.
Terakhir, sebagai penyemangat juga, menutip kalimat Pak Gita Wirjawan untuk seluruh bangsa Indonesia adalah :
We are bigger that what we think we are “
Kita adalah Republik Indonesia. Berani Lebih Baik! MERDEKA INDONESIA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s