Perjalanan PKL Menuju Jawa Timur (Part I)

Hello! Semester 6 telah selesai! Yeay, artinya selesai sudah semester FTV, semester paling sedikit mengambil jumlah SKS yakni 14 SKS saja. Bagaimana hasil dari semester FTV ini? Well, kesimpulannya adalah gue tetap jomblo. Memang tak menjadi happy ending seperti FTV kebanyakan. Tapi gue tetap bersyukur karena pada semester ini gue belajar banyak hal, yakni perjuangan. Btw nggak, gue gak jihad ke Afganistan kok.

Semester 6  berakhir, artinya gue akan melaksanakan Praktek Kerja Lapang atau disingkat jadi PKL. Tapi bukan PKL yang itu ya… Gue PKL di Malang, tepatnya di daerah Desa Sendangbiru, tepatnya di Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sempu, yap… seberangnya Pulau Sempu!

BKSDA Sempu

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA Sempu). Sumber: nyomot dari Google

Btw gue di Malang ngapain aja? Praktek lapang bro. Istilah kerennya sih gue menjadi peneliti dan membaur dengan masyarakat. Tujuan gue PKL adalah untuk mengetahui permasalahan yang ada di daerah Sendangbiru dan Sempu itu seperti apa, ditinjau dari sisi konservasi dan perikanannya. Sebagai insan bahari (cieeeh), rasanya tinggal dengan para nelayan dan masyarakat pesisir selama satu bulan penuh dan berinteraksi dengan mereka adalah sesuatu yang sangat perlu. Mengaplikasikan ilmu yang didapat di kuliah, untuk membantu mereka :)

Dan satu hal yang gue kampanyekan disini adalah: PULAU SEMPU BUKAN UNTUK WISATA, BERWISATA KE SENDANGBIRU BOLEH.

Artinya, Pulau Sempu sebagai cagar alam, hanya diperbolehkan dikunjungi hanya untuk kegiatan penelitian dan konservasi. Bukan objek wisata :)

Pulau-Sempu-No-Travelers-Allowed

Pulau Sempu bukan untuk wisata. Sumber: @TravelersID

Gue ke Malang ditemani dengan 4 gadis cantik bersama 1 orang pria (nggak) ganteng. Mereka adalah Ayu, Niar, Ofa, Fira, dan Indra. Jadi gue ini berangkat duluan, yakni tanggal 17 Juni 2014 ditemani dengan si babeh yang sudah kangen dengan Jawa Timur hahaha nganu beh! nganu! Gue berangkat menuju Surabaya dulu untuk presentasi di BBKSDA Surabaya, naik kereta. Setelah itu baru deh berangkat menuju Malang.  Lalu disusul 4 wanita tadi pada tanggal 21 Juni 2014 dan Indra pada tanggal 30 Juni 2014. Itulah tim PKL Sempu yang dibimbing oleh dosen paling keren se-ITK, Bapak Dr. Henry Manik :) Nantinya, pak dosen kami ini akan mengunjungi kami juga lho ke Malang, yeay! Party yuk pak hahaha ah seandainya Pak Trip (dosen pembimbing skripsi gue) juga ikut, karena beliau memang asli Malang nanti kan enak bisa sekalian bimbingan skripsi disana -__-

Itulah sedikit tulisan mengenai rencana PKL gue di Malang selama sebulan kedepan. Yang jelas, gue akan menyaksikan Piala Dunia dan Puasa bersama para nelayan dan masyarakat pesisir. Semoga menyenangkan ya! ^^

Salam, wong Ngalam.

3 thoughts on “Perjalanan PKL Menuju Jawa Timur (Part I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s