Menentukan Masa Depan

Tingkat akhir. Ya, mahasiswa tingkat akhir. Begitu orang memanggil gue dikampus. Tidak terasa, ini adalah tahun keempat gue dikampus yang jauh dari peradaban Bogor ini. Kampus yang asri, kreatif, dan mampu mencetak lulusannya menjadi orang hebat. Institut Pertanian Bogor. Kampus yang… ya walaupun pasti ada kekurangan disana-sini tetaplah menjadi salah satu kampus terbaik di negara ini.

Lantas, apa yang gue pikirkan di tingkat akhir ini?

Mahasiswa tingkat akhir sudah lagi tidak memikirkan akan hura-hura bermain di mall, mencari pacar hanya untuk permainan, dan tidak lagi masih berpikir “uang jajan ini harus dihabiskan untuk apa?” Melainkan harus “bagaimana saya mendapatkan uang dari pekerjaan sampingan?” Buat yang lagi usaha, tahulah apa yang gue maksud. Masa dimana jati diri yang selama ini dicari harus sudah ketemu. Jadi apa gue nanti setelah lulus dari sini? Ya, masa depan. Entah akan menjadi pengusaha, peneliti, karyawan, atau malah terlalu asyik dengan bermain hingga lupa dengan suatu kewajiban duniawi yakni mencari uang. Apapun pilihan setelah selesai tingkat akhir ini, itu adalah keputusan yang seharusnya sudah dipikirkan dari jauh hari.

***

Gue adalah tipe orang yang mengambil setiap peluang yang ada, tetapi selalu dipikirkan dua kali (bahkan berkali-kali). Sekarang gue tidak lagi seenaknya mengambil keputusan sendiri, pasti gue meminta saran dari orang tua. Apa manfaatnya bagi gue, apa dampaknya bagi keluarga gue, dan sebagainya. Kata Pandu temen SMA gue, “Most people look for option, I look for opportunities” begitulah kira-kira. Hal ini yang mendasari gue untuk ‘harus galau’ untuk menentukan masa depan. Memang, gue bukanlah orang pintar dan banyak prestasi. Dibanding yang lainnya, gue masih kalah dalam banyak hal. Kepintaran gue tidaklah ada apa-apanya dibanding mahasiswa berprestasi. Tapi IPK bolehlah lumayan. Mengapa lumayan? Karena IPK didapat bukan saja karena orang itu pintar; tetapi ada unsur kerja keras, rajin, tekun, dan mau berusaha dibalik itu semua. Maka, gue bisa bilang ke mereka yang menganggap IPK itu tidak penting “berusahalah dulu, lakukan yang terbaik hari ini, jangan bermalas-malasan. IPK akan menunjukkan itu di akhir semester”.

Harus galau’

Tinggal satu tahun lagi. Mata kuliah di semester 7 ini tinggal 6, ditambah seminar dan skripsi jadinya tinggal 8 lagi. 8 mata kuliah lagi, maka gelar Sarjana Ilmu Kelautan akan berada di belakang nama. Tidak usah khawatir, gelar sarjana hanyalah gelar. Bukan berarti dengan gelar itu gue sudah bisa melakukan segalanya. Ingatlah, bahwa diluar sana masih banyak orang yang bahkan telah lulus S2 diumur yang sama dengan gue. Maka ‘harus galau‘ ini menjadi penting karena disitulah kalian akan menyadari siapa diri kalian, mau jadi apa kalian, dan apa kelebihan/kekurangan kalian. Saran dari orang juga menbantu proses ‘harus galau‘ ini. Disinilah perbedaan orang yang mau berusaha terhadap masa depannya dengan orang yang masa bodoh dengan masa depannya.

Melanjutkan S2, itulah pilihan gue setelah lulus nanti. Hanya menambah waktu 2 tahun, ilmu yang didapat semakin banyak dan dalam. Cita-cita gue untuk menjadi ahli tumpahan minyak mendasari itu semua. Tentu, gue sudah memikirkan mengenai biaya S2 yang tidak murah ini. Papa sudah pensiun, mama sudah tiada. Adik masih 1 dan belum masuk kuliah. Pilihan untuk mencari beasiswa adalah pilihan tepat. Ilmu bertambah + gratis. Sangat cocok untuk bertekad melanjutkan S2.

Dan dari tulisan ini gue akan berusaha untuk masuk ke Universitas Pertahanan Indonesia, program studi Keamanan Energi tahun 2016 nanti. Prinsip mau bekerja keras, rajin, tekun, dan berusaha menjadi modal untuk mencapai tujuan itu. Insya Allah, dalam rentang waktu menuju ke kampus itu, gue akan perdalam ilmu tentang energi khususnya perminyakan. Bahasa Inggris! TOEFL yang masih belum mencapai batas minimum untuk beasiswa (lihat kan betapa tidak ada apa-apanya gue) harus terus dikejar. Oh iya, tahun ini dan tahun depan juga gue mau ikut kegiatan volunteer di bidang lingkungan. Semua akan baik-baik saja asal kita berusaha yang terbaik :)

unhan

Universitas Pertahanan Indonesia – Keamanan Energi, Insya Allah 2016

Man Jadda, wajada. Kalimat ini bermakna sekali ya :)

3 thoughts on “Menentukan Masa Depan

  1. PROMO 100% IS BACK….!!!!!
    Salam royalflush99 untuk semua para pecinta royalflush99
    setelah promo spektakuler berakhir.. maka tidak perlu tunggu lama…
    hari ini juga kami luncurkan promo bonus 100% is back
    untuk para pemain lama royalflush99 tentu nya sudah tidak asing lagi.. karena
    kami pernah meluncurkan promo 100% ini… dan kini promo itu berlaku kembali
    buat para pecinta setia royalflush99
    sesuai nama nya… pemain yang melakukan deposit.. akan mendapatkan bonus
    chip sebesar nilai deposit yang disetorkan ( syarat & ketentuan berlaku)

    syarat dan ketentuan

    1. bonus chip 100% akan di kirimkan secara langsung setelah
    pemain melakukan deposit (baca keterangan cara klaim bonus dibawah )
    2.para pemain tidak bisa melakukan
    WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30x lipat dari angkat deposit
    3. minimal deposit 50rb
    maximal deposit 1jt
    per 1 x deposit.. berarti setiap pemain hanya dapat mengklaim bonus 100%
    apabila jumlah deposit tidak melebihi jumlah maximal deposit.. apabila ada
    pemain yang melakukan deposit diatas 1jt maka yg dihitung untuk
    mendapatkan bonus 100% ada lah 1jt
    4.klaim bonus 100% berlaku 1×12 jam dari jam register/deposit atau di anggap hangus
    5.Promo bonus 100% is back dapat berakhir sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan
    secara lisan ataupun tulisan ( bonus yang di klaim sesudah tanggal promo berakhir
    tidak akan dilayani)
    6.Keputusan dari pihak royalflush99 adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s