Melancong ke Singapore dengan Paspor 24 Halaman

Hei! Zuppazup! Akhirnya gue mendapatkan hari Sabtu yang free lagiiiii hahaha karena praktikum Oseanografi Kimia libur hari ini, jadinya gue gak ngasisten. Ah terima kasih Pak Trip :)) Btw apa kabar semua? Masih aja nyasar ke blog ini hehehe ada yang aneh ya dari tampilan blog ini? Yap, gue baru saja ganti tema menjadi lebih simpel. Alasannya sederhana sih, bosen. Udah bertahun-tahun blog ini tampilannya diary-esque, makanya gue mau bikin lebih simple biar orang yang nyasar ke sini gak bosen. Anyway, bagus ga? Kalo ngga nanti diganti lagi deh hihihi

Eh iya btw gue mau cerita tentang pertama kalinya ke luar negeri nih. Bukannya sombong, tapi mau berbagi pengalaman menggunakan paspor 24 halaman (baca disini: Akhirnya Punya Paspor 24 Halaman). Karena banyak banget kata kunci yang masuk ke blog ini nanyain “Apakah paspor 24 halaman bukan cuma buat TKI?” Coba aja baca di bagian komentar posting ini: Angga Jadi TKI, Sebuah Cerita dari Imigrasi. Nah disitu banyak yang nanya apa perbedaan 24h dengan 48 h? Nah, dipostingan ini gue coba sedikit berbagi pengalaman kaya apa rasanya pake paspor yang notabene cuma buat TKI. Let’s check it out, Angga sang TKI.

IMG_7821

***

IMG_7841

Imigrasi di Changi Airport. Disini jujur gue deg-degan abis.

Gue berangkat dari CGK ke SIN dengan Garuda Indonesia, lalu turun di terminal 3 dan naik kekeretaan (halah sunda) sejenis MRT gitu ke terminal 1. Lalu sampai pada bagian imigrasi. Karena Indonesia dan Singapore adalah anggota ASEAN, jadi sebelum gue sampe sini gak perlu bikin VISA  ;) Yah kalo tetep mau maksa “ada” visa ya ganti kewarganegaraan terus pake visa on arrival deh -__- Perasaan gue deg-degan abis, karena berasa mau nikah (ngaco). Deg-degannya karena paspor 24 halaman ini bro! Hahahaha karena sebelumnya gue ga tau paspor 24 halaman ini beneran buat semua WNI apa cuma buat TKI.

Antri dulu. Gue kebagian petugas yang keturunan India. Otak gue langsung bilang, “Pake aksen English-India yang lu bisa ngga! Kan udah belajar di 3 idiots…” Udah aja gue bilang, “Helo gut mour-ning. Hiir, it-is de pas-pour” (pokoknya kalau mau tau aksen English-India, ayok ketemu gue, nanti gue tunjukin wkwkwk). Cuma ditanyain nama lengkap siapa, terus diliat itu paspor 24 halaman, CAP! Boleh masuuuuk! Gak ada masalah kan ternyata :)

IMG_8232

Bonus, sedikit gue ceritain pengalaman jalan-jalan di negara kecil tapi tetep bikin gue bilang “Holysssst… Awesome!”

***
Orchard Road

Selama di Singapore, gue ke pusat perbelanjaan terbesar disini dan hampir 70% menghabiskan waktu gue disini. Karena selain belanja, hotel tempat gue tinggal juga lokasinya di Orchard, yaitu di Mandarin Orchard Hotel. Gimana ga sering belanja, seberang hotel aja langsung Takashimaya S.C. hahaha sebenernya bukan gue yang belanja sih, tapi sepupu sama tante gue. Kenapa? Oh well gue mau jujur nih ya. Di dompet, hanya ada uang selembar Rp 50.000 dan Rp 1.000 aja. Gile bener, gue emang modal ngikut aja soalnya wkwkwk YOLO

Di Orchard, gue menemukan kultur yang beragam dengan kebiasaan yang jarang gue temui. Interaksi sosial disini hidup, semua orang berjalan kaki. Padahal belum tentu yang jalan disini adalah orang Singapore. Hal ini berbeda ketika gue jalan di pusat Kota Bogor. Semua orang naik angkot atau kendaraan pribadi. Di Orchard juga, gue menemukan tukang jualan ice cream seharga S$ 1,20 saja. Kalau dirupiahkan emang mahal sih -__- tapi worth it buat ngeganjel laper dan iseng nyemil. Btw gue menyadari bahwa harga makanan di Singapore sangatlah mahal T_T

IMG_0500

Ice cream murah yang seharga Magnum Almond

IMG_8357

Surgaaaa, sayang harganya…  :(

***
Marina Bay Sands

Gue beruntung datang ke Singapore saat mereka lagi merayakan Independence Day ke 49. Pesta besar-besaran tuh mereka. Untungnya, kita ketemu supir taksi yang menyarankan kita pergi ke Marina Bay buat lihat kembang api. Yaudah kita berempat pergi kesana, kalo gue sih sambil foto-foto juga wkwkwk ada yang beda di Marina Bay Sands Hotel, itu lho hotel yang ada perahunya wtf maaan. Spesial hari ini, hotel itu ada bendera Singaporenya! Cakep abis. Disini gue takjub dengan lampu-lampu yang mantul ke air. Mirip di Danau LSI IPB. Bedanya, kalo di IPB suka ada orang yang mojok pacaran wkwkwk

IMG_2780-horz  IMG_8258-vert

One of best day of my life.

***
Universal Studios Singapore (USS)

Tujuan gue ke Singapore adalah ke USS. Itu intinya. Eh nggak sih, tujuan utamanya sih naik pesawat! Om gue ngajakin naik pesawat mungkin karena iba keponakannya belum pernah naik pesawat hahaha tapi sekalinya naik pesawat, langsung Garuda Indonesia, ke luar negeri lagi. Makasih Dad, Tante, dan Audrey!! Balik lagi ke USS, selain main banyak permainan di USS, gue juga dikasih USS Express sama Om dan Tante gue. Jadinya, gue bisa masuk wahana tanpa antri. Pernah satu waktu gue naik sejenis arung jeram gitu, estimasi antrinya 90 menit baru bisa naik (keren ya bisa diprediksi gitu). Gue sama sepupu gue lari dong di jalur Express, dan ngelewatin orang Indonesia yang lagi antri, dia bilang, “Mau Expreeeeesssss” Hahahahaha gue sama sepupu gue ketawa dan ngeloyor pergi. Kita cuma antri 5 orang (sekitar 2 menit). Aslilah YOLO abis!

IMG_8132

Tiket sakti. Sayang gak kepake ke semua wahana :(

***
Segitu dulu pengalaman jalan-jalan ke Singapore. Aslinya pengen lebih banyak lagi, tapi cape hahaha kesimpulannya bisa kok berpergian ke luar negeri dengan paspor 24 halaman tanpa harus khawatir dibilang TKI. Enjoy!

2 thoughts on “Melancong ke Singapore dengan Paspor 24 Halaman

Leave a Reply

