5 Jam!

Gue udah resmi menjadi Sarjana Praktek Kerja Lapang (S.PKL)! Hahaha lebay… Tapi begitulah aslinya, perasaan lega, senang, dan pengen selebrasi bugil di depan rektorat. Akhirnya sidang lewat! Dengan selesainya sidang ini, berarti selesai juga tugas gue menjadi PJ (penanggung jawab) Praktek Kerja Lapang sejak Maret 2014! Menghubungi dosen,  mencocokan jadwal dosen dengan mahasiswa, mencari ruangan dan proyektor, jarkom sana-sini, dan paling sedihnya kena omelan kesel dari Mbak Mayang (staff TU) yang mengurusi PKL ini. Hahaha… I’ll miss that moment. Gara-gara semua hal itulah gue jadi deket dengan banyak dosen, terutama pembimbing PKL gue hahaha. Efeknya, gue tidak lagi bebas untuk selebrasi bugil dimana saja, harus kontrol dikit.

PKL yang berlangsung selama satu bulan itu harus diakhiri dengan laporan diikuti ujian. Topik yang gue ambil agak anti-mainstream yaitu “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Hasil Tangkapan Ikan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondokdadap Malang Berbasis PHP dan MySQL”. Gue emang memanfaatkan hobi otak-atik website dalam project PKL ini, walau jurusan gue gak ngajarin cara bikin website hahaha ini semua karena blog ini! Yeay, pengalaman yang mengajari semuanya ;)

IMG_0238

Tim PKL Ngalam sebelum sidang. Penampilan gue masih oke seperti supir taksi blue bird. Biarlah, baju itu belinya jauh. Mahal loh. Shommbong.

Tanggal 10 Oktober 2014, pukul 13.15 kami sudah siap menunggu sang penguji dan pembimbing di depan ruang ujian. Agak awkward karena dosen penguji PKL gue adalah juga dosen pembimbing skripsi gue hahaha… yah jadi udah tau gimana-gimananya. Beliau adalah Pak Trip. Alasan Pak Henry memilih Pak Trip karena beliau adalah orang Malang asli wkwkwk.. Dosen penguji gue ini tipenya dosen yang perfeksionis, objektif, dan sangat kritis. Hal ini yang bikin gue dan temen-temen gue agak grogi sebelum masuk ke dalam ruang sidang, takut ditanya yang tidak terpikirkan sebelumnya. Oh iya, ada insiden diawal ketika salah satu teman kami yang berbeda tim gagal ikut ujian karena belum ngedraft sama sekali. Sehingga menimbulkan chaos yang baru karena kedua dosen agak marah. Iyalah jelas marah, waktu mengerjakan laporan itu 2 bulan lho, ditambah waktu ‘gabut’ PKL selama 1 bulan. Harusnya sih udah jadi novel kali yang ceritanya lebih panjang dari Twilight edisi ikan yang kawin dengan dugong.

Suasana di dalam cukup tegang, entah kenapa. Gue presentasi ketiga setelah Ayu dan Niar. Ayu menghabiskan waktu satu jam! Dengan pertanyaan yang cukup banyak dari dosen-dosen gue ini. Niar juga tidak kalah lama, namun pertanyaannya tidak sebanyak yang ditanyakan kepada Ayu. Nah begitu giliran gue, Pak Henry (dosen pembimbing PKL) bilang gini, “Sekarang giliran Angga. Wah harus bagus ini, Pak Tri kan dosen pembimbing skripsinya Angga. Kalau mengecewakan bagaimana ini Pak Tri?” dan Pak Tri ketawa ngeliat gue yang makin grogi. Mati gue.

Processed with VSCOcam with m5 preset

Lagi promo taksi. Eh bukan, lagi presentasi. Penampilan mulai kusut.

Setelah presentasi selama 15 menit (inget banget gue mulai 15.00 beres 15.15), gue ditanya berbagai pertanyaan, dan itu berlangsung hanya 5 menit! Oh God, semesta lagi bersama gue. Pak Tri dan Pak Henry gak begitu banyak berkomentar, terutama di bagian hasil, gak ada kesalahan men! Apa mungkin Pak Tri sudah bosen ngerevisi tulisan gue? Apa mungkin bapaknya berfikir anak bimbingannya yang ini adalah jelmaan badut ancol? Apa mungkin… ah sudahlah, sudah lewat. Mungkin alasannya karena sebelum PKL ini, gue udah bikin proposal penelitian yang direvisi berkali-kali dengan beliau, dan itu berminggu-minggu hahaha… Thank you Pak! Jangan bosen ngerevisi tulisan saya ya pak, kan bapak yang bilang kalau mau jadi penulis harus sering revisi :)

Di jadwal sih kita harusnya selesai pukul 15.00, karena ada kelompok lain (bimbingan Pak Tri, penguji Pak Henry) yang akan ujian juga. Mereka menunggu diluar ruang ujian dari pukul 14.30-an. Tapi ini terus aja gak kenal waktu. Abis gue selesai, dilanjutkan Ofa, Fira, Indra, dan terakhir Mus. Gue yang gak makan siang mulai gelisah, takut tiba-tiba langsing. Ditengah-tengah ujiannya Ofa, Pak Henry menghampiri gue sambil membawa snack untuk kita-yang-sudah-kelaparan hahaha asli bapaknya ketawa pas kita rusuh ambil makanan, secara perut keroncongan di ruang ber-AC gitu. Suasana sih masih tetap tegang, terutama Ofa yang ditanya “kenapa kamu gak ikut nelayan berlayar?” Hahaha padahal itu udah jadi rencana kita yang berakhir wacana. Lagi-lagi wacana.

IMG_0244

Beres sidang. Indra, Ofa, Angga, Pak Trip, Pak Henry, Niar, Fira, Mus, Ayu.

Mau tau kita selesai jam berapa? 18.00! Gileeee 5 jam! Begitu kelar kita foto bareng. Baju kami 4 biru, 5 cokelat. Lihat aja difoto hahaha… Pak Henry sampe bilang “Wah, foto Aremania sama apa nih?” gue bales aja “Sama kabomania pak! (fansnya persikabo)” LOL! Abis foto dosen gue menghampiri teman-teman gue yang diluar, bilang ujian mereka diundur jadi minggu depan. Well, I know that feeling bro, tetep semangat! :)) Oh iya, beres ujian kita masih harus revisi sebelum nilai akhirnya keluar. Semoga dapet A, karena cita-cita semester ini dapet IP 4.00 wkwkwk pengenlah dapet IP segitu sekali seumur hidup :’) Setelah PKL ini berakhir, gue masih harus seminar dan ujian skripsi bersama Pak Trip, dan masih harus bertemu dengan urusan-urusan yang lainnya hehehe… apa coba? Itu, asisten Osekim :)) Jangan bosen ya pak!

5 jam! Die!

2 thoughts on “5 Jam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s