Untuk Kalian, Para Wanita Tangguh

Posting ini mengandung curahan hati dengan tingkat galau yang berkorelasi terhadap keadaan. Tidak perlu dibaca. Tidak perlu dirasa. Hanya untaian kata-kata. Untuk mereka.

***

Perlengkapan untuk tempur UTS dua minggu kedepan sedang dipersiapkan. Sambil melakukan itu semua, kuputar lagu di playlist, ah lagu ini lagi. Kenapa lagu ini lagi.

you will always stay when i call you
though i know you’re not feeling well

Terdiam di pojok kamar. Teringat sebuah pertemuan sangat singkat kemarin. Teman. Kita menyebutnya ‘Zahabat’, walau terdengar alay. Pertemuan yang diawali oleh jari jemari pada layar komputer di website rancangan Mark Zuckenberg ini, tidak pernah terputus. Tiga tahun lebih kami dipertemukan di kampus ini. Awal mula yang tidak biasa, dan berlanjut dengan tidak biasa. Awalnya kami banyakan, tetapi yang lain memili kesibukan lain. Bersisa kami berempat. Kita hanya bertemu beberapa kali dalam satu semester, bahkan di tahun kedua kami tidak pernah bertemu secara lengkap. Tetapi kami tetap merasa dekat, seperti Zahabat.

even in the dark, in rainy night
you always stay to walk me by

Lagu itu terus berputar. Lagu yang membawa saya memikirkan lebih dalam. Ah iya, ternyata itu semua sudah lama ya. Kami memang sudah berubah dari pertama bertemu. Bukan lagi maba, bukan lagi mahasiswa tingkat dua dan tiga. Cepat atau lambat, kami akan meninggalkan tempat pertama kami dipertemukan ini. Kami juga akan berpisah, ruang dan waktu. Gedung Graha Widya Wisuda dan Kantin Yu Nani menjadi saksi pertemuan kita, mungkin akan menjadi cerita menarik, mengingat perkenalan kami dari internet, seperti strangers. Mereka sudah dewasa, dengan problem yang semakin tidak biasa. Para wanita tangguh, dengan tanggung jawab yang luar biasa.

Aslinya sebelum sore itu, suasana tidak menarik. Perasaan ini juga tidak menarik. Padahal seminggu lalu sangatlah luar biasa. Sangat berbeda, dingin, acuh, dan tidak peduli. Apa yang salah? Kesalahan masa lalu? Mengapa tidak dimaafkan? Ah bahasan ini sungguh tidak menarik. Tak apa, sore ini saya akan bertemu mereka, ya itu, mereka. Pokoknya, saya ingin ketemu mereka.

i’m so lucky to have you
so happy to love you

Kami bertemu. Obrolan diawali dengan canda tawa. Kami biasa melakukan itu, sesekali cemoohan terlontar dari bibir ini. Kemudian saya menanyakan kabar seseorang yang rasanya sudah tidak menganggap saya ada. Dan jawabnya sudah kuduga, tak apa. Kemudian dilanjutkan obrolan curhat yang lainnya. Oh iya, kami masih bertiga. Satu orang terlalu rajin untuk mengikuti kuliah siang hingga sore, tetapi akhirnya merapat. Wajahnya terlihat tertekan, saya bisa membacanya, saya sangat mengenalnya. Ada yang tidak biasa. Sampailah dia membuka pembicaraan, diikuti air mata. Kami mendengarkannya. Masalah yang berat. Miniatur masalah Indonesia.

Tiba-tiba wanita itu berkata hanya kepada kitalah dia bercerita. Sungguh luar biasa dipercaya, harga yang mahal untuk tahun 2014 ini. Dia juga berkata alasan ingin bertemu, rindu. Sore yang singkat itu, saya kembali tersenyum, teringat akan tahun 2011. Kami hanyalah lulusan SMA yang datang ke kampus dan berteman. Hingga kini. Friends are connected heart to heart. Distance and time can’t break them apart. Mereka, wanita tangguh, dan hebat.

Lagu telah selesai, dilanjut lagu berikutnya. Lagu kali ini, sudah tak sanggup lagi untuk menahannya. Lagu lawas jaman SMP, bukan diriku. Stop playlist, dan jadilah tulisan ini.

***

PS: Untuk kalian, P – A – C. Semoga kalian tetap menjadi diri kalian, teruslah saling mengingatkan :’)

Make sure the important people in your life know how important they are, before it’s too late.

Masih dengan air mata yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s