Pantai Clungup, Surga Baru di Selatan Malang

IMG_4950

Menyambung tulisan saya mengenai traveling di Pulau Sempu, kali ini saya akan membahas alternatif obyek wisata di pantai selatan Malang. Misi saya adalah membuat orang tidak ke Pulau Sempu dan beralih ke pantai-pantai lain di wilayah yang sama. Hahaha masih belum bisa move on dari indahnya pantai di selatan kota apel ini. Pantai Clungup. Sebuah pantai tersembunyi yang menyimpan keindahan luar biasa dan tentunya eksotis. Lokasinya dekat dengan Sendangbiru dan Pulau Sempu, dan dapat ditempuh melalui angkutan umum ataupun angkutan pribadi. Tapi hanya sampai pemukiman warga saja, selebihnya kita harus jalan kaki sejauh kurang lebih 1 km dengan medan yang sepi dan berbukit-bukit. Sebaiknya cari pemandu dari warga sekitar untuk menemani ke tempat ini.

Clungup

Rute ke Pantai Clungup, masih sulit namun worth it

Kami berlima (Indra belum ikut) awalnya penasaran ada dimana itu Pantai Clungup karena ibu kos kami (Ibu Sri/Nit) saja bingung menjelaskan dimana posisi Pantai Clungup ini. Kami juga diberi tahu oleh Mas Adit KKP yang sedang mengabdi di Sendangbiru nanti harus lewat perumahan dulu baru bisa tembus. Dasar kitanya aja yang kurang kepo, jadilah kita muter-muter jalan dan kok nggak sampai-sampai. Akhirnya saya tanya ke sepupus saya, Rainey yang kuliah di Brawijaya dan pernah ke Pantai Clungup. Sempet pusing, tiba-tiba kita ikutin jalan dan… sampailah kita di… TPI lama hahaha. Iya, di TPI. Jadi kita satu jam cuma muter jalan lebih jauh untuk sampai TPI hahaha asli waktu itu cape, kesel, dan haus. Mampirlah kita di warung dekat TPI lama. Oh iya, kita belum puasa saat jalan-jalan ini. Minggu pertama PKL gitu deh…

Di warung tersebut, Ofa (lagi-lagi Ofa! Maklum seleb dikalangan nelayan) ngobrol sama Pak Aba Tohir. Beliau adalah penjaga mesjid di dekat TPI dan prihatin lihat kita yang kebingungan. Dengan motor mio merah, beliau mengatarkan saya ke “pintu masuk” Pantai Clungup, diikuti dengan 4 teman saya yang dijemput Pak Aba Tohir dua kali. Ternyata pintu masuk ke Pantai Clungup hanya berjarak 100 meter dari tempat kost saya! Kesal tidak? Hahaha tapi saya dan teman-teman mengambil hikmahnya karena Pak Aba Tohir siap mengantarkan kami ke Pantai Clungup.

IMG_4829

Inilah pintu masuk yang saya maksud. Pokoknya kalau mau ke Pantai Clungup, harus lewat sini.

Patokan pintu masuk tersebut adalah sebuah bangunan mirip gudang disertai bukit batu kapur dan seekor anjing hitam. Kalau kalian sudah lihat semua yang saya maksud, berarti sudah benar. Tinggal jalan ikuti jalur setapak sampai kira-kira 1 km. Jalan setapak? Ya, benar. Masih jalan setapak dan motor saja sulit untuk melewati medan menuju Pantai Clungup ini. Beda lah sama medan ke Segara Anakan Pulau Sempu, masih lebih enak medan ke Pantai Clungup! Sulit bukan berarti tidak bisa, masih banyak kok yang bawa motor sampai pantai itu. Namun Pak Aba Tohir menyimpan motornya di rumah warga dan mengantar kami dengan berjalan kaki.

IMG_4836

Ofa dan Pak Aba Tohir. Gue akui Ofa memang primadona nelayan sini.

Sepanjang jalan, kita disuguhkan banyak variasi jenis landuse. Di pintu masuk tadi gersang dan banyak batu-batuan kapur. Masuk sedikit sudah hutan yang padat oleh pohon yang rimbun. Tiba-tiba gersang lagi dan melewati sungai-yang-menyeramkan-dan-pasti-ada-buaya, kemudian masuk ke ekosistem mangrove, dan terakhir perbukitan sebelum nantinya masuk ke area pantai.  Saya berkali-kali takjub dengan landscape di pantai selatan Malang ini, terutama Pantai Clungup. Asli bagus banget! Banyak area air yang berbatasan langsung dengan tebing dan gunung-gunung. Hal ini mengingatkan saya dengan mata kuliah Oseanografi Geologi, bahwa pergerakan bumi di selatan jawa adalah konvergen, dan tubrukannya menyebabkan pantai selatan jawa banyak pegunungan. Teori itu terbukti, dan lihatlah ini.

IMG_5162

Selamat datang di Pantai Clungup!

Setelah saya sampai pantai ini, yang pertama dilakukan adalah selfie dan wefie! Hahaha karena saya lupa tidak bawa masker dan snorkel (selain faktor ya-kali-snorkelingan-di-pantai-selatan). Kalau kalian tidak kecapean seperti yang saya dan teman-teman saya alami, cobalah mendaki bukit diseberang saya itu dan ke pantai lainnya (saya lupa namanya, maafkan). Disitu katanya sih lebih keren, entahlah saya belum jajal kesana. Tapi melihat pasir putih, hempasan obak membentur batu karang, dan angin sepoi-sepoi rasanya sudah lebih dari cukup untuk menikmati ini semua. Saya sempat membuat video stop motion di Pantai Clungup ini. Nanti akan saya posting disini. Pokoknya Pantai Clungup menawarkan alternatif obyek wisata yang tidak kalah bagusnya dibanding Segoro Anakan Pulau Sempu. Surga baru di Malang, dan gratis.

IMG_4889

2 thoughts on “Pantai Clungup, Surga Baru di Selatan Malang

Leave a Reply

