(Masih) Jadi Peneliti

Menurut buku catatan (logbook) penelitian, minggu ini adalah minggu ke-4 saya melakukan penelitian di Lemigas. Selama itu, saya hanya pulang ke Bogor satu kali dan itupun hanya untuk bertemu dengan dosen, dan malamnya balik lagi ke Jakarta. Oh iya, selama penelitian saya menginap di rumah Om saya. Rasanya lamaaa sekali. Rindu suasana kampus yang penuh becanda dan tertawa saja, karena disini benar-benar fokus untuk riset dan selalu serius. Berkorban untuk sementara :’)

Angga Dwinovantyo

Saya di ruang penyimpanan bahan kimia

Progress penelitian masih sesuai dengan target, yakni persiapan sampel. Selama itu, saya melakukan isolasi, kultivasi, dan adaptasi bakteri dari contoh sedimen laut dalam, yang membuat lama adalah saya harus melakukan semua itu pada 10 sampel sedimen laut dalam! Ditambah saya melakukan pengamatan TPC (Total Plate Count) atau ALT (Angka Lempeng Total) dengan 4 kali pengenceran dan duplo. Total ada 80 cawan yang harus saya kerjakan. Subhanallah…

Minggu depan semoga proses penelitian ini masuk ke tahap optimalisasi dan proses biodegradasi minyak pun bisa cepat selesai. Sehingga di akhir Maret sudah selesai penelitian saya dan tinggal menyusun skripsi. Amin Ya Allah… karena habis dari sini saya akan berjuang di tempat lain, yaitu perbaiki nilai TOEFL. Karena masih ingin untuk berjuang untuk melanjutkan kuliah.

Still long way to go… ya Allah mudahkanlah…

Leave a Reply

