April 2015, mother of research!

Hai, apa kabar?! Lagi-lagi gak bisa tidur setelah revisi skripsi-PKM-Tri U. 3 hal yang terus-terusan ada di kepala gue selama beberapa minggu ini. Kalau gak bisa tidur gini pasti langsung buka blog dan ya… nulis seperti biasa. Cuma buat kali ini lagi pengen di post, gak kaya tulisan-tulisan gue lainnya yang disimpan saja.

Eh, sekarang udah Mei ya? Mayday maydayyy…

Selama April kemarin, gue udah nggak penelitian lagi di Lemigas, which is kembali ke kehidupan (ab)normal lagi. Ngampus, ketemu dosen (yang kayanya udah enek ngeliat gue tiap hari), revisi di lab osekim-lintang-labkom, dan numpang istirahat di kosan temen. Memang aneh rasanya udah gak ambil kuliah itu, jadwal yang harusnya keisi dengan kuliah eh sekarang cuma diisi dengan revisi dan hal lain yang gak kalah pusing dari revisi yaitu kondisi duit yang limit banget.

Oh iya, btw gue ada 3 project yang dilakuin bersamaan. Sebenernya 4 sih, cuma yang 1 udah selesai yaitu PKM-AI. Project-project gue ini tergolong sejalan dan dibimbing dengan dosen yang sama; Pak Trip. Beliau sejauh ini seperti numpahin ilmu-ilmunya ke gue, mulai dari gak ngerti sama sekali sampai sekarang udah lumayan ngerti tapi masih harus belajar lagi. Semua project bertemakan: Biodegradasi Tumpahan Minyak. Keren ya? Hehehe… Biar ga muter-muter, gue jabarin deh satu persatu.

1. Penelitian Skripsi

Gue dan Pak Syafrizal (pembimbing 2 gue) selesai ngerjain penelitian selama 2 bulan. Pertengahan Januari sampai akhir Maret. Selama rentang waktu itu, gue bersama si Supra X berkelana mengitari Jakarta-Depok-Bogor. Jadi dari liburan semester kemarin gue belum sempet ngerassin apa itu libur T_T Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Nah data udah dapet, tinggal nyusun skripsinya.

Gue udah nge-tag Pak Trip buat jadi dosen pembimbing dari semester 6. Dari semester 6 itu gue udah bikin proposal penelitian, sangar kan? Haha Kenapa gue pilih beliau? Karena… apa ya. Ini lebih ke personal sih. Beliau dosen Oseanografi Kimia (dan baru-baru ini gue tau bahwa ilmunya bukan cuma osekim aja tapi buanyakkk!), ngerti banget teknologi bioremediasi, enak dalam ngebimbing (udah terbukti bener bangetlah), dan yang ga kalah penting sifatnya mirip dengan gue; sama-sama perfeksionis. Skripsi itu cuma sekali seumur hidup, makanya gue pengen bikin sesuatu yang berguna, dan gak cuma jadi tumpukan kertas di perpustakaan. Nah pikiran gue sejalan dengan beliau, maka revisi menjadi kewajiban gue selain solat. Hahaha gak deng bukan itu, intinya gue pengen bikin sesuatu yang keren pisanlah. Makanya sampai saat ini gue masih belum juga seminar (alesan) ya karena itu tadi, pengen skripsinya bagus…dan skripsinya terus direvisi.

Sampai saat ini, gue masih berjuang untuk revisi. Doain selesai ya, pengen lulus 4 tahun soalnya :’)

2. PKP Penelitian

Kalo untuk yang ini lebih karena ambisi gue dan temen-temen buat pergi ke Pimnas di Kendari, Sulawesi. Kapan lagi pergi ke pulau lain, bawa nama IPB, dengan hasil jerih payah penelitian kita. Tim gue terdiri dari orang-orang hebat, mereka adalah Santi, Nico, dan Restya. Pembimbingnya juga Pak Trip. Jadi gue terus optimis bahwa hasil kita bagus dan bisa ke Kendari, Insya Allah.

Di PKM-P ini, gue juga harus ngedraft laporan, power point, persiapan presentasi untuk Monev, dan buat poster. Lengkap banget ga tuh? Hahaha iyalah, soalnya kita dibiayain pemerintah untuk riset ini. Nilai rupiahnya pun gede, hampir 8 digit. Masa iya kita seenak udel ngerjainnya. Btw emang udel enak? #apasih #lelah

Untuk project ini, gue dsn temen-temen masih terus berjuang juga. Ketua kelompok harus paling tanggung jawab. Dan sering kali pas bimbingan, Pak Trip bingung gue ini lagi ngomongin skripsi atau PKM, karena topiknya sama. Hahahaha maaf ya Pak.

3. 22nd Tri-U Symposium and Seminar

Kalo yang ini, gue modal nekat banget. Revisi aja belum kelar, eh disuruh ngirim abstrak pakai bahasa Inggris sama rektorst. Untung dulu pernah di kelas SBI waktu SMAKBO. Lumayan membantu banget tuh ternyata hehehe Pak Trip bahkan belum sempet meriksa abstrak gue, karena gue gak enak ngerepotin beliau mulu.  

Tri-U ini acara rutin dari 4 universitas (Mie Uni Japan, Chiang Mai Thailand, Jiangsu Uni China, dan IPB). Ini acara seminar internasional, dengan sasaran mahasiswa yang mau presentasiin hasil penelitiannya. Jadi bener-bener difasilitasi buat nampilin hasil kerja keras kita dalam penelitian, khususnya skripsi. Alhamdulillah kemarin gue lolos tahap satu, masih ada beberapa tahap lagi. Tahap kedua ini agak ekstrim, soalnya gue harus presentasi seluruh hasil penelitian dengan bahasa Inggris + cuma 10 slide maksimal + selama 6 menit. Kebayang ga sih harus direduksi banyak banget isinya dan cuma ditampilin hal yang intinya doang? Doain ya, pengen banget nyoba presentasi di luar negeri. Terlebih ini hasil jerih payah skripsi :’)

***

Nah, kesemuanya itu gue lakukan di bulan April ini. Bisa dibilang April ini bulan paling hectic selama tahun 2015 (sejauh ini lho ya). Nah karena itu, gue sampe lupa ada momen-momen yang seharusnya gue ingat tapi nyatanya malah engga. Otak gue cuma 128 kB jadi maapin kalo pelupa -_- 

Itu April gue, dan April selalu spesial. Sayangnya masih belum bersama orang yang spesial, hahaha malah baperrrrr :p

***

Hello Mei, semoga semua lancar ya… Semoga di bulan ini, hilal tanggal seminar mulai terlihat.

Leave a Reply

