Cerita Tentang Seminar Skripsi

Hello!

Men, akhirnya gue sudah terbebas dari pertanyaan, “Kapan seminar, Ngga?” yang selalu mengganggu gue selama beberapa bulan ini. GUE-UDAH-SEMINAR. Akhirnyaaa… Perjuangan dari tanggal 16 Januari sampai 28 Mei terbayar sudah. Rasanya seneng pisan, kaya abis melahirkan.

IMG_6943

Seminar nasional batu akik

***

– – – K R O N O L O G I – – – –

Awal mula kenapa gue bisa tiba-tiba seminar bisa dibilang “unpredictable“. Awalnya pada tanggal 12 Mei, gue kebetulan nemenin temen gue yang abis sidang, abis nunggu gitu ketemulah gue dengan dosen PS gue. Singkat cerita, sore harinya gue lagi mau shalat di mushola ITK Ashar sama Nico dan duduk-duduk sambil biasalah ngomong ngelantur, tiba-tiba dosen PS ngeliat gue. Gue dipanggil. Masih inget betul gimana dialognya…

ADN: *Nyamperin sambil salam* “Eh Pak…”

TPR: “Angga, disiapkan ya skripsi untuk seminarnya. Sekalian sama Santi biar cepat selesai dan lulus.”

ADN: “Seminar pak? *gak percaya*”

Saat itu, udah sore sekitar pukul 16.20 dan hilal seminar pun terlihat. Padahal belum waktunya gue datang bulan, stock kiranti pun habis. Hasilnya gue mules dan deg-degan begitu sampai rumah. What a day man…

Nah abis itu gue ikut jadi asisten lapang di acara fieldtrip ke Pulau Tidung. Bang Adit, Mbak Dea, dan Mbak Lita harus ngasisten bagian Biodiv 80 anak untuk scavenger hunt, akhirnya gue bantulah mereka. Awalnya gue mau bantu-bantu bagian Ose, tapi ngeliat bagian ini harus kerja keras rasanya gak tega. Sehingga… gue tidur di mess deket dosen di Tidung Besar. Makin intens lah pertemuan gue dengan dosen PS gue. Bang Adit sempat bilang, “Gue yakin abis ini lo bakalan seminar, bulan ini. Percaya sama gue.”

Sempat waktu malam terakhir gue jalan ke Tidung Kecil bareng dosen-dosen (Bang Cacul, Bang Begin, Bang Hawis, Bang Tri, dan Pak Trip) disitu gue banyak ngobrol, khususnya mengenai skripsi gue dan pengalaman penelitian selama di Jakarta. Karena perjalanan cukup jauh, jadinya gue ngobrol hal-hal yang penting sampai gak penting bareng dosen PS gue itu. Beliau memang sering ngobrol sama gue karena bidang yang diminati sama-sama kimia, tukang jalan, dan wong jawa timuran. Sampai Bang Hawis bilang, “Pendekatan ya, Ga?” Hahaha pendekatan mau seminar maksudnya kali ya…

***

Pulang dari pulau, Senin paginya, gue disuruh bikin ringkasan seminar! Kerennya lagi, pembimbing 2 si Santi mau pergi ke lapang, sehingga seminar gak boleh lebih dari tanggal 1 Juni. Alamak… Cepat-cepat gue siapin ringkasan seminar dan draft 1 ringkasan  pun kena corat-coret. Draft ke-5 skripsi gue belum dibaca lagi. Akibatnya gue was-was makin banyak coretan! Hahaha memang ciri khas bapake lah, semuanya harus perfect. Tapi ya itu, sama kaya gue yang perfeksionis,  jadinya gue ngerasa gak masalah karena ini memang untuk skripsi gue.

Tibalah hari Jumat, 22 Mei 2015. Subuh-subuh dosen gue WA suruh ketemuan di Baranangsiang. Parahnya, dosen gue ngira Santi tinggal di Dramaga, sehingga si bapake minta ambilin hapenya yang ketinggalan. Bapake gak mungkin minta bantuan gue karena tau gue orang Bogor. Santi minta bantuan gue karena dia gak pake motor, jadilah gue berangkat pukul 6 pagi untuk ambil hape bapake di University Farm. Gak sampe 2 menit, gue berangkat lagi ke rumah Santi di Bogor Baru dan kita ketemu bapak disana. Komen pertama? “Lho, chargernya mana?” Gue cuma diem, lemes karena 2 jam di motor dan gak tau kalo bapake minta bawain hape beserta chargernya.

Aal iz well……. (1)

Abis minta tanda tangan, gue sama Santi berangkat lagi ke kampus untuk daftar seminar. Kita sepakat sama bapak untuk seminar hari Kamis, 28 Mei, pokoknya setelah acara purnabakti hari Rabu, 27 Mei dimana dosen PS 2 Santi terlibat diacara itu.

Siangnya abis solat Jumat, gue disuruh ikut rapat purnabakti, dan gue…. disuruh jadi panitia. Oh. My, Shitty. Jobdesknya pun gak tanggung-tanggung: bikin plakat 7 buah, bikin video berdurasi 5 menit dari hasil RAW 70 menit, dan motret acara purnabakti pas hari Rabunya. Semuanya gak ada yang tau gue bakal seminar hari Kamis kecuali staf TU. Gue cuma senyumin aja and waiting for miracle.

Anyway, gue belum bikin slide sama sekali. Pantai.

Aal iz well….. (2)

4 hari terberat yang pernah gue alamin. Sabtu gak keluar kamar sama sekali, Minggu ke kampus untuk serahin draft plakat, Senin ngurusin video, dan Selasa… gue pulang jam 2 pagi. Sebagai topping, hari Rabunya gue motret acara dengan kondisi otak udah mau meledak. Seminar kurang dari 24 jam dan gue belum persiapan apa-apa… Matek! Untungnya ada Santi dan Boti, Restya, Ayu dan Cheri, merekalah yang ngurusin konsumsi. Nah gue sedikit lega, barulah gue mulai bisa mikirin seminar gue. Oh iya, jangan lupakan dasi dan sabuk. Kedua benda itu lenyap di lemari. Jadinya, gue dan bokap ke Botani untuk cari benda itu. Lantas kapan ngurusi materi seminar?

Aal iz well…… (3)

The day! Slide udah jadi pukul 5 pagi, baju udah disetrika sendiri. Hidup tanpa Ibu itu emang kerasa banget disaat seperti ini. Tiba-tiba gue pengen punya istri. Abaikanlah, lalu gue berangkat…

Pukul 09.06, konser pun dimulai. 35 menit berlalu, selesai sudah. Lega. Akhirnya gue melahirkan.

IMG_7064

Angga Dwinovantyo, S.PKL, S.Sem. 6 SKS MENUJU SARJANA WOOHOOOOOO!!!!

Terima kasih untuk semuanya…

Processed with VSCOcam with c1 preset

Processed with VSCOcam with c1 preset

IMG_7054 IMG_7078 IMG_7093 IMG_7099 IMG_7103

***

Terima kasih coklatnya. Sebenarnya pengennya dateng, tapi gak masalah. Demi masa depan, kan?

 

Leave a Reply

