PMDSU 2015, Beasiswa Langsung Doktor!

Update: Beasiswa PMDSU untuk tahun 2016 tidak ada. Akan dibuka Batch 3 pada tahun 2017. Info lengkap dari Dikti:

Meluruskan informasi yang beredar bahwa pada tahun 2016 ini akan diselenggarakan penerimaan mahasiswa PMDSU Batch III, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa seleksi untuk penerimaan calon mahasiswa penerima beasiswa PMDSU Batch I telah dilaksanakan pada tahun 2013, sedangkan untuk batch II telah dilaksanakan pada tahun 2015.

Untuk tahun 2016 ini akan dilaksanakan seleksi untuk perguruan tingggi penyelenggara PMDSU Batch III, sedangkan untuk seleksi penerima mahasiswa calon penerima beasiswa PMDSU Batch III akan dilakukan pada tahun 2017.

Beasiswa, siapa yang tak ingin mendapatkannya? Terlebih bagi fresh graduate yang dihadapkan pada dua pilihan: langsung melanjutkan studi master atau mencari kerja. Nah, saya juga sedang merasakannya. Namun kembali lagi pada prioritas, anda ini mau jadi apa? Buat saya yang memang bercita-cita untuk melanjutkan studi, maka saya mencari-cari info beasiswa yang ditawarkan. Banyak, iya memang banyak. Beruntunglah ada internet, sehingga informasi beasiswa menjadi lebih mudah didapat.

PMDSU

Saya akan membahas tentang beasiswa yang sedang saya apply, beasiswa PMDSU (Program pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) dari Dikti. Nah, apa sih PMDSU ini?

Beasiswa PMDSU ditujukan bagi lulusan sarjana (S1) terbaik (fresh graduate) di tanah air yang ingin menjadi dosen dengan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) selama empat tahun.

Jadi, beasiswa ini merupakan beasiswa full hingga kita menyelesaikan gelar doktor. Bentuk beasiswanya berupa beasiswa SPP hingga 8 semester, biaya penelitian, program beasiswa peningkatan publikasi internasional (PKPI)/Sandwichlike, uang saku bulanan, dan biaya lain-lainnya. Jadi gak perlu khawatir kalau ditengah jalan kesulitan biaya, kita hanya tinggal belajar yang benar dan fokus pada penelitian; karena luaran dari program ini adalah menghasilkan lulusan doktor yang muda-muda dan mampu untuk publikasi hasil penelitian dalam bentuk paper internasional.

Pada tahun pertama, kita diharuskan untuk mengikuti program Master (S2). Kalau IPK yang didapat pada tahun pertama ini > 3,75 kita bisa langsung lanjut S3 tanpa harus mengerjakan tesis terlebih dahulu. Setelah itu baru kita langsung masuk ke program doktor (S3).

Nah, bagaimana kita bisa daftar untuk mengikuti program ini? Saya akan kasih gambaran bagaimana mendaftar beasiswa PMDSU ini…

Step 1: Cari tahu dan kenali calon promotormu.

Karena yang memilih siapa yang berhak untuk menjadi bimbingannya adalah promotor (tentu dengan persyaratan yang diajukan dari Dikti). Untuk mengawalinya, kita bisa buka laman calon promotor disini. Setelah itu baru lihat bidang keahlian para calon promotor seperti ini…

PMDSU 4

 

 

Cari bidang keahliannya, misalnya mikrobiologi, oseanografi, pemuliaan tanaman, ataupun instrumentasi kelautan. Karena saya sudah berhubungan dengan calon promotor saya dan saya telah mengetahui bidang keahliannya, sehingga saya sudah tahu akan memilih siapa nanti saat pendaftaran.

Ini penting! Bidang keahlian lah yang paling menentukan. Karena pada dasarnya beasiswa ini penuh dengan riset, dan jika bukan passion kita di riset tersebut, wah… Sulit! Walaupun masih bisa dijalani…

Jika dirasa bidang keahliannya sudah cocok, bisa klik bagian LIHAT PROFIL. Disitu akan diberikan informasi diri, alamat korespondensi, penelitian, dan publikasi calon promotor.

PMDSU 5

PMDSU 6

 

***

Sudah cukup infonya? Hal yang penting kedua adalah Menghubungi Calon Promotor.

Bisa melalui email, mendatangi kampus tempat promotornya, ataupun via HP. Tapi lebih baik menghubungi via email dengan menjelaskan ketertarikan terhadap riset-riset yang telah dilakukan dan akan dilakukan. Pastikan menggunakan bahasa yang sopan, ya! ;)

Sudah dapat balasan? Promotor sudah OK? Langsung saja masuk ke laman Form Pendaftaran di sidebar sebelah kiri dan isi formulirnya. Di bagian paling bawah, isi dengan nama promotor yang akan membimbing hingga mendapatkan gelar doktor nanti…

Selain itu pastikan juga kita telah mendaftarkan diri ke Sekolah Pascasarjana di kampus yang dituju. Sebagian memang sudah tutup, namun biasanya terdapat jalur khusus PMDSU dan diberikan keringanan untuk mengurus administrasi. Batas pendaftaran Batch 2 Gelombang 2 adalah 14 Juli hingga 14 Agustus 2015.

Kampus yang mengikuti program PMDSU ini antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Hassanudin, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Syiah Kuala, Universitas Gajah Mada, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Indonesia.

***

Good luck, calon doktor muda!

(Dr.) Angga Dwinovantyo, S.Ik

 

68 thoughts on “PMDSU 2015, Beasiswa Langsung Doktor!

  1. Mei says:

    Dear Mas Angga,
    ini pendaftarannya apakah benar sampai 14 Agustus 2015 ? saya baca di sumber lain kok cuma sampai 18 Juli ya? dan kebetulan saya baru mau minat daftar hari ini. Apakah benar masih bisa?
    terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Mei

    Like

  2. Mei says:

    Dear Mas Angga,
    Sy tanya lagi. Sudah saya cari infonya ternyata yang batch 2 gelombang 2 benar sampai 14 agustus 2015. terima kasih infonya.
    Saya berminat untuk melanjutkan ke Mikrobiologi IPB, kira-kira saya bisa dapat info mengenai pembukaan pendaftarannya dimana ya? Daritadi googling kok belum nemu. Terima kasih.
    Regards,
    Mei

    Like

    • Halo mbak Mei. Maaf saya baru sempat cek blog lagi. Iya benar mbak, tanggal 14 Agustus 2015 penutupannya. Untuk daftar IPB sebenarnya sudah ditutup gelombang 2 penerimaan pasca, namun diberi keringanan untuk segera mengurus berkas-berkas penerimaan mahasiswa pasca pada calon mahasiswa yang mendaftar PMDSU. Silakan di cek di pasca IPB ya mbak.

      Terima kasih, semoga membantu.

      Angga

      Like

      • Mei says:

        Assalamu’alaykum Mas Angga. Apa kabar?

        Mas saya ngrepotin lagi ya. Mau tanya lagi, setelah daftar di laman pmdsu apakah Mas Angga mendapatkan email konfirmasi dari dikti? Saya sudah daftar lebih dari 1 minggu yang lalu dan sampai sekarang belum dapat email konfirmasinya. Ketika saya daftar, ada peringatan begini :

        “Perhatian. NIM Anda tidak terdaftar di dalam database PDDIKTI atau ada masalah dalam pengambilan data di server PDDIKTI. Untuk kemungkinan pertama, disarankan untuk menghubungi operator PDDIKTI perguruan tinggi S1 Anda, untuk konfirmasi pelaporan data mahasiswa ke PDDIKTI. Namun, Anda masih dapat melanjutkan pendaftaran beasiswa PMDSU dengan mengisi formulir di bawah ini.”
        Kemudian saya tetap melanjutkan pendaftaran, tetapi sampai sekarang tidak ada notifikasi apapun. Apakah Mas Angga juga begitu? Mohon bantuannya Mas.
        Oiy, pengumuman penerimaan beasiswa gel.2 batch 2 ini tgl brp ya Mas?

        Terima kasih banyak.
        Semoga Allah membalas kebaikan mas Angga.

        Salam,
        Meo

        Like

  3. Mei says:

    Dear Mas Angga,

    Sorry tanya lagi. PMDSU gelombang 2 batch 2 ini kalo diterima mulai kuliahnya kapan ya? Dan kalo nanti udah lulus, jadi dosen di tempat kuliahnya atau dosen di tempat lain?
    maaf banyak nanya. hehe
    Terima kasih

    Salam,
    Mei

    Like

    • Kalau saya tanya pihak Pasca IPB, mulai tahun ajaran baru semester depan mbak. Kira-kira awal bulan September. Saya juga masih belum tahu setelah program ini selesai, mekanismenya bagaimana… Begitu mbak, jadi sampai tahap ini saya hanya bisa memberikan informasi seperti itu. Terima kasih mbak Mei.

      Angga

      Like

  4. Mei says:

    Assalamu’alaykum Mas Angga. Apa kabar?

    Mas saya ngrepotin lagi ya. Mau tanya lagi, setelah daftar di laman pmdsu apakah Mas Angga mendapatkan email konfirmasi dari dikti? Saya sudah daftar lebih dari 1 minggu yang lalu dan sampai sekarang belum dapat email konfirmasinya. Ketika saya daftar, ada peringatan begini :

    “Perhatian. NIM Anda tidak terdaftar di dalam database PDDIKTI atau ada masalah dalam pengambilan data di server PDDIKTI. Untuk kemungkinan pertama, disarankan untuk menghubungi operator PDDIKTI perguruan tinggi S1 Anda, untuk konfirmasi pelaporan data mahasiswa ke PDDIKTI. Namun, Anda masih dapat melanjutkan pendaftaran beasiswa PMDSU dengan mengisi formulir di bawah ini.”
    Kemudian saya tetap melanjutkan pendaftaran, tetapi sampai sekarang tidak ada notifikasi apapun. Apakah Mas Angga juga begitu? Mohon bantuannya Mas.
    Oiy, pengumuman penerimaan beasiswa gel.2 batch 2 ini tgl brp ya Mas?

    Terima kasih banyak.
    Semoga Allah membalas kebaikan mas Angga.

    Salam,
    Mei

    Like

    • Waalaikumsalam mbak mei. Waduh mohon maaf saya kurang mengerti hal itu, krn saya tidak mengalaminya. Mungkin bisa mbak Mei hubungi DIkti?

      Mengenai hal pengumuman, saya juga belum tahu. Batch 2 Gelombang 1 saja saya malah belum tahu kelanjutannya seperti apa. Jadi, saya belum bisa memberikan info lebih lanjut mengenai hal ini.

      Mohon maaf ya mbak mei, jawaban saya tidak banyak membantu. Semoga mbak mengerti.

      Like

  5. Mei says:

    Sama Mas, tidak ada notifikasi apapun. Itu yang membuat saya bingung. Terima kasih atas penjelasannya ya Mas.
    Semoga aplikasi kita diterima, dan kita dapat beasiswa ini.
    aamiin.

    Terima kasih banyak Mas Angga.
    Salam,
    Mei

    Like

  6. Asalamualaikum….
    Salam kenal saya Diana Purnama Sari alumni universitas borneo tarakan, sudah lama mengetahui mengenai beasiswa PMDSU tetapi masih banyak yang tidak mengetahui seperti dosen” di kampus saya. Sebenarnya saya ingin mendaftarkan diri ke IPB jalur PMDSU ini, tetapi setelah saya baca promotor aquaculture hanya ada di Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh sedangkan ketika mencoba ingin mendaftarkan diri ke kampus tersebut tidak ada kejelasan seperti apa prosedur pendaftarannya. Jika ada yang mengetahui mohon bantuan informasi pendaftaran ke PPSnya dikarenakan sudah waktu yang sedikit ini.

    Like

    • Mohon maaf, saya tidak dapat memberikan informasi apa-apa mengenai universitas yg mbak tuju, krn setelah saya check juga tidak ada informasi daftar PPs. Mungkin bisa mbak tanyakan kepada pihak rektoratnya… Kalau di IPB, sudah sangat jelas alur pendaftarannya. Terima kasih

      On Wednesday, August 12, 2015, anggadwinovantyo wrote:

      >

      Like

      • Diana Purnama Sari says:

        Oh gitu yah, abisnya ngak ada informasi dari PPs ataupun PMDSU ke email. Makanya jadi bingung seperti apa kelanjutannya, sama-sama terima kasih atas jawabannya

        Like

  7. Haloo mas Angga selamat yah terpilih jd penerima beasiswa PMDSU..
    Btw di IPB gel.1 nya brp promotor? Ada banyak sekali 160 orang ya yg diterima?
    Di UNDIP cm 2prodi dg 5 promotor dan hanya 9orang yg lolos..
    Sudah ada info kah dari Dikti kpn bisa registrasi? Hehe
    Salam kenal

    Like

    • Iya mbak, ini masih tahap 1 yakni seleksi administrasi dari IPB. Untuk tahap 2 akan diseleksi oleh promotornya. Untuk jumlah promotor saya kurang paham, mungkin lebih dari 20… Terima kasih ya…

      On Thursday, August 13, 2015, anggadwinovantyo wrote:

      >

      Like

  8. Faizah says:

    Dear mas angga..
    Sebelumnya selamat yaa sudah lolos pmdsu seleksi tahap 1.
    Saya mau tanya apakah sudah ada pengumuman seleksi oleh promotor? Saya juga lolos seleksi tahap 1 tapi sampai sekarang belum ada pengumuman lanjutan.

    Like

  9. Nunik says:

    Assalamualaikum. Mas Angga, saya sudah mendaftar dalam program beasiswa ini di UGM, namun belum ada pengumumannya di kampus. Apakah di kampus mas sudah ada pengumuman nya?
    Mohon infonya.
    Terima kasih

    Nunik

    Like

  10. tazkiyasyahidah says:

    Assalamualaikum, Maaf mau tanya apa sudah ada pengumuman untuk yang lolos beasiswa PMDSU Batch 2 gelombang 1 yang dari dikti? Saya sudah liat di web IPB lolos seleksi administrasi tapi belum ada pengumuman dari pihak Dikti, sedangkan verifikasi IPB dilakukan tanggal 25 Agustus nanti, sebaiknya harus bagaimana mohon masukannya?

    Like

  11. sekedar sharing saja, saya juga sedang menunggu pengumuman dari dikti, saya apply PMDSU di IPB. Setelah kemarin datang untuk verifikasi (walaupun belum tau jadwal verifikasinya untuk PMDSU),akhirnya saya tanyakan ke pihak ipb, untuk informasinya sebagai berikut :
    1. Pihak IPB sendiri masih menunggu pengumuman dari Dikti, sehingga mahasiswa calon pnerima PMDSU masih belum bisa melakukan verifikasi, kecuali bagi mereka yang niat kuliah dengan atau tanpa beasiswa PMDSU. Al hasil saya diminta untuk bersabar menunggu hasilnya dan nantinya akan ada verifikasi susulan khusus untuk PMDSU & BPPDN.

    2. Saya sudah coba menghubungi ke Kemenristek Dikti, (dua kementrian ini sekarang digabung, makanya agak masih berbenah tatanan), saya menghubungi ke direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan, tetapi saya masih belum mendapat jawaban yang memuaskan, karena saya tidak bertanya pada orang yang tepat mengurusi beasiswa tersebut. Selain itu saya menghubungi ke direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, namun tidak diangkat-angkat telepon dari saya (mungkin sedang sibuk).

    Semoga pengumumannya segera keluar dan saya dapat segera mengajukan tanggal resign dari tmpt kerja saya (Maap jadi curhat, hhehe).

    Mohon koreksinya bila ada yang kurang tepat

    Like

  12. Nikma Fista says:

    Assalamualaikum mas angga.
    Saya mau tanya,
    Saya daftar pmdsu batch 2 gelombang 2 di IPB. Saat ini sudah keluar pengumuman calon mahasiswa pasca dari IPB dan nama saya tercantum. Apa yg pmdsu bakalan di umumin selanjutmya apa gimana ya ?
    Makasih sebelumnyaa :)

    Like

  13. ela says:

    mbak, mas, jadi sebaiknya kita menunggu PMDSU dulu atau langsung verivikasi saja ke IPB? yang saya khawatirkan pengumuman PMDSU nya lama, sementara perkuliahan di IPB sudah mulai berjalan. Kalau tdk segera di verifikasi nanti nama qt di delete tidak ya dari IPB?

    Like

  14. lebih baik kita gunakan blog mas angga ini saja untuk media komunikasi & sharing tentang info upate PMDSU, jadi mohon bantuannya siapa saja yang memiliki informasi update mohon disharing dimari, hhehe

    Like

  15. Ayu says:

    Slmat mlam pelamar PMDSU., apakah tmn2 dsni ada yg dapat email pngumuman PMDSU? Karena ada pelamar yg sudah mendapat email spertinya..

    Like

    • bayu chandra f says:

      Saya sudah mendapat email dari promotor saya dari its. Isinya hanya untuk diminta daftar ulang di pasca its maksimal tgl 3 dan keteranganya masih calon penerimuma . Belum jelas nantinta akan seprti apa. Kalau teman teman yang lain seperti apa.

      Like

      • Selamat pagi teman2.
        Saya kemaren ketemu promotor saya. Kata beliau kemungkinan minggu pertama september atau sebelum verifikasi susulan IPB sudah ada pengumuman dari dikti. Dan untuk perkuliahan kita tunggu saja sampai ada pengumuman karna kemungkinan kegiatan perkuliahan baru bener2 aktif di minggu ke-2/3 september.
        Atau kalian ikut kuliah tapi ijin ke ketua prodi masing2 (seperti kaka kelas saya pmdsu batch 1). Info aja batch 1 itu pengumuman sebulan setelah kuliah. Terimakasih mas angga sudah menyediakan blog untuk saling berbagi info (jadi gak galau sendiri mikirin kapan pengumuman)

        Like

    • Nanda says:

      Mas angga ato yg lain.
      ada yg daftar PMDSU batch 2 gelombang 2 di IPB.
      -kapan pengumuman dr dikti.?
      – tgl.10 sdh hrs verifikasi, apakah kita harus ttp nggu ato ngajuin penundaan. apakah kita kuliah bln ini jg ya .

      terimakasih.

      Like

  16. Mei says:

    Dear Mas Angga,
    Selamat ya Mas Angga diterima beasiswanya. Semoga ilmunya barokah dan dapat memberi banyak manfaat. Saya belum diterima, belum rejeki saya. hehe
    Selamat belajar dan berkarya.

    Salam,
    Mei

    Like

  17. Haitan Rachman says:

    Saya mau bertanya, kalau sudah menyelesaikan program PMDSU, selanjutnya di universitas mana ditempatkannya? Apakah di universitas tempat mengambil programnya?

    Like

  18. Alfi Magfirwan says:

    Assalamualaikum mas Angga, saya sangat tertarik untuk mengikuti beasiswa ini, namun saya masih minim informasi jadi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, 1.Pada saat ingin mengurusi proses administrasi untuk pendaftaran apakah kita perlu membuat judul riset dan diagram metodologinya terebih dahulu?apa hal it dilakukan nanti setelah adanya proses penerimaan?. 2. Apabila lolos dan mendapat gelar doktor, apa langsung bisa menjadi dosen?dan akan ditempatkan dimana?. Sebelumnya terimakasih banyak mas angga.

    Like

  19. anggun says:

    Mas angga, saya mau bertanya. Apakah beasiswa ini juga diperuntukan bagi lulusan progam studi bahasa?

    Terima kasih sebelumnya.

    Like

  20. nhur azhara says:

    maaf mau nanya, untuk lulusan S1 tahun 2014, apa masih bisa mendaftar beasiswa ini?? karna tahun ini baru selesai program profesi..terima ks

    Like

  21. nurul fitri says:

    assalamualaikum.
    maaf mas ada yang masu saya tanyakan mengenai promotor, yang saya dengar katanya calon penerima beasiswa pada saat proses pendaftaran harus mempersiapkan proposal terlebih dahulu? proposal mengenai penelitian kita nanti nya. apakah benar?

    Like

  22. Kak, saya mau bertanya mengenai mekanisme seleksi beasiswa PMDSU itu apakah sama dengan LPDP (dokumen, essay, LGD, wawancara) atau berbeda ?
    terima kasih Kak atas informasinya. Sukses selalu.

    Like

Leave a Reply

